Kecengengan, Kerapuhan dan Ketololan Hidup

Image
yan osmana
Curhat | Thursday, 29 Sep 2022, 19:33 WIB

Duduk sini nak !! Dekat pada bapak, jangan kau ganggu ibu mu, turun lah lekas dari pangkuannya. Engkau lelaki kelak sendiri.

Sepengal syair lagu dari Iwan Fals. Yang dulu saat aku remaja, masih ku anggap sebuah lagu pelecutsemangat anak lelaki untuk mandiri. Tapi kini usai usia ku mulai senja, aku merasakan betapa benarnya lagu itu kini.

Aku merasakan kesendirian, menanggung segala beban ekonomi keluarga dan beban dosa keluarga. Bicara menyesal, jelas sekali aku tak menampiknya. Dan aku sendiri tak bisa melukiskan dengan kata-kata untuk menggambarkan wujud keresahanku dalam kesendirian.

Bahkan sekarang hanya bisa berucap Jangan cengeng!!! Kepada anak lelaki ku sambil meneteskan air mata.

Nak !!!, Ketika hidupmu sedang sulit, jangan menyulitkan diri dengan menangis. Tapi perbaikilah sudut pandangmu. Karena ini bukan sebuah kesulitan, tetapi sebuah tempaan hidup kedepan. Agar kedepan ada sesuatu yang jauh lebih baik lagi. " Aku pernah diposisimu nak !! Dan aku tau kesedihanmu. Pokoknya jangan cengeng, kelak engkau sendiri seperti bapakmu ini nak". Ucapku dalam hati seraya meneteskan air mata.

Nak, Terkadang, apa yang kita anggap kesulitan. Sebenarnya sebuah latihan untuk melatih mental mu. Agar engkau tahu, engkau paham, dimana saat engkau diposisi senang atau di tempat tertinggi nanti. Engkau malah menjadi orang yang berbeda, sehingga dirimu lupa serta tidak siap dalam menerima sebuah titipan kebahagiaan.

Coba, sekarang Latihlah dirimu menghadapi semua kesulitan hidup di dunia ini. Segede apapun kesulitan itu, hadapilah dengan gagah berani. Lawan dengan tangan terbuka. Serta lawanlah dengan gagah berani.

Dan camkan nak!!! Jangan pernah mengemis apapun kepada manusia, karena tidak semua orang mengerti apa yang kau rasakan. Ingat nak, kelak, ketika kesenangan itu datang, usai perjalanan panjang berdarah-darah. Pasti engakau akan mentertawakan ketololan dan rapuhnya dirimu saat ini.

Percayalah nak!! Kelak engkau sendiri. Menanggung semua beban saat ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Praktisi ngudud ngopi terus moci

Getirnya Cinta PSK

Tolong, Saya Lagi belajar Qonaah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

INDONESIA MASUK DALAM DAFTAR WISATA HALAL TERBAIK DIDUNIA

Image

Download Video YouTube ke Lagu MP3 Gratis 2022 YTMP3

Image

Karutan Prabumulih Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022

Image

Jadi Negara Arab yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Fakta The Lion Atlas

Image

Kebijakan Fiskal Dalam Perspektif Islam

Image

UMKM SEBAGAI SOLUSI DALAM MENGHADAPI RESESI GLOBAL 2023

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image