Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Terbuka Kendal

WBP Lapas Terbuka Kendal Terampil Operasionalkan Alsintan

Info Terkini | Thursday, 29 Sep 2022, 14:23 WIB

Kendal (29/09) - Alsintan (alat dan mesin pertanian) sangat dibutuhkan di Lapas Terbuka Kendal untuk menunjang kegiatan kemandirian khususnya di bidang pertanian. Adanya alsintan yang memadai diharapkan pengolahan lahan dapat dikerjakan dengan cepat sehingga bisa menghemat biaya dan waktu.

Lapas Terbuka Kendal memiliki beberapa alsintan diantaranya traktor roda empat yang sampai saat ini masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik untuk pengolahan lahan.

Pengoperasian traktor roda empat dilakukan oleh petugas yang sudah mengikuti pelatihan sehingga keahlian tersebut bisa disalurkan ke rekan-rekan petugas yang lain bahkan ke warga binaan. Pengoperasian alsintan melibatkan warga binaan merupakan salah satu bentuk upaya lapas agar warga binaan mempunyai pengalaman yang berbeda dan ahli dalam mengoperasikan traktor roda empat untuk pengolahan lahan.

Puji selaku operator yang juga Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja menuturkan "Luas lahan yang akan digarap hampir 20 ha dengan adanya traktor roda empat ini bisa memangkas waktu,menekan biaya dan menghemat tenaga, apalagi ada keterlibatan warga binaan dalam pengoperasian alat ini”, tuturnya.

Harapannya, warga binaan yang sudah melalui tahapan demi tahapan belajar sampai bisa mengoperasikan alsintan bisa menjadi bekal kelak apabila diluar nanti ada yang membutuhkan operator traktor khususnya roda empat.

Salah satu warga binaan yang mengoperasikan traktor berinisal Y mengatakan, "Ini pertama kali buat saya mengoperasikan traktor, pembajakan menjadi lebih mudah serta cepat selesai”, ungkap Y.

“Terima kasih kepada petugas Lapas yang telah melatih saya, mengoperasikan traktor merupakan pengalaman luar biasa yang saya dapat selama menjalani hukuman di Lapas Terbuka Kendal”, pungkas Y.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image