Lakukan Litmas PB, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan Tekankan Pembinaan Kemandirian

Image
Bapas Nusakambangan Bapas NK
Info Terkini | Tuesday, 27 Sep 2022, 08:28 WIB

Cilacap – Memastikan pembinaan kemandirian dan menggali potensi keterampilan yang ada didalam diri klien merupakan salah satu tugas pembimbing kemasyarakatan Bapas Kelas II Nusakambangan untuk bekal klien dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat. Tak terkecuali SK, saat dilakukan penggalian data dan informasi oleh pembimbing kemasyarakatan ahli pertama terkait usulan program Pembebasa Bersyarat (PB) di Lapas Kelas IIB Cilacap, Senin (26/09/2022).

Kepada SK, pembimbing kemasyarakatan memastikan rencana klien ke depan jika usulan program pembebasan bersyarat (PB) disetujui dan terlaksana. Dalam pembinaan lapas Cilacap, klien SK mengikuti pembinaan kemandirian berupa kerajinan pembuatan keset.

“Jika pulang nanti, saya akan membantu kakak (penjamin klien) berjualan jajanan anak-anak di rumah. Nanti saya yang akan membeli bahan baku dan ikut terjun melayani dalam berjualan” jelas SK, narapidana yang terjerat tindak pidana perlindungan anak ini.

SK juga menambahkan jika dirinya sangat menyesali perbuatannya di depan petugas Bapas Nusakambangan dan akan mengisi waktunya dengan berbakti kepada kedua orang tuanya serta berjanji akan membantu pekerjaan ayah dan ibu klien.

Daru, selaku pembimbing kemasyarakatan ahli pertama Bapas Nusakambangan menegaskan bahwa dengan program pembebasan bersyarat ini, klien tidak berarti terbebas sepenuhnya dari kewajiban hukum, namun tetap memiliki hak dan kewajibannya selama menjalani program intergrasi tersebut.

“Ada beberapa kewajiban yang harus ditaati jika usulan PB-nya disetujui, yaitu wajib melakukan lapor diri ke Bapas, selalu menaati peraturan di dalam masyarakat, dan yang terpenting selalu mengisi waktunya dengan kegiatan positif agar tidak terbesit pikiran untuk kembali menggulangi tindak pidana”, ujar Daru, pembimbing kemasyarakatan Bapas Nusakambangan.

Menutup sesi wawancara litmas, Pembimbing Kemasyarakatan juga berpesan agar klien tetap menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dan tidak melakukan pelanggaran tata tertib lapas yang dapat membatalkan pengusulan program integrasi.

Program Pembebasan Bersyarat (PB) sendiri merupakan hak yang diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang telah melaksanakan dua pertiga masa pidana sesuai ketentuan pada Pasal 10 UU Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Tujuannya agar WBP dapat kembali berbaur dengan masyarakat dan menjadi manusia yang produktif dan lebih baik lagi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Belajar Nilai Kehidupan di Kampung Edukasi Watu Lumbung

Image

Mengunjungi Cimory Ungaran di Semarang Bersama Sewa Hiace Samarinda

Image

Dewi Tembi : Serunya Liburan Di Desa Wisata Terbaik Se-Asia

Image

Yanti Afriwan Lestarikan Musik Melayu Lewat Rilis Lagu Tidakkah Kau Rindu Padaku

Image

PPSDM Migas Kuatkan Pengetahuan tentang Assessment Quantity Accounting SKK Migas Perwakilan KalSel

Image

PPSDM Migas Latih Petugas HSE Seismik Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image