Integrasi Instansi melalui MoU Layanan Single Submission Pengangkut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Image
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang
Info Terkini | Tuesday, 27 Sep 2022, 07:20 WIB
Foto bersama kegiatan penandatanganan MoU Penerapan SSm Pengangkut/Humas Imigrasi Semarang

SEMARANG-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengikuti kegiatan integrasi instansi dalam layanan Single Submission Pengangkut (SSm Pengangkut) akan berlaku secara mandatory di pelabuhan Tanjung Emas Semarang . Hal tersebut disepakati melalui penandatanganan MoU Penerapan SSm Pengangkut bertempat pada Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang yang dilaksanakan Senin (26/9/2022). Ini pun menandai komitmen pemerintah untuk melaksanakan layanan Single Submission (SSm) Pengangkut agar dapat terus memperbaiki ekosistem logistik nasional. Hadir mewakili Kantor Imigrasi Semarang yakni Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kepala Sub Seksi Pemeriksa Keimigrasian serta staff terkait dalam kegiatan tersebut.

Hadir langsung dalam penandatanganan tersebut adalah Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan, Kepala Kantor Bea dan Cukai, Kepala Kantor Imigrasi, maupun Kepala Kantor Karantina Kesehatan. Seluruh Kepala kantor menandatangai MoU pelaksanaan layanan Single Submission (SSm) Pengangkut sebagai bukti keseriusan untuk meningkatkan integrasi instansi serta menghindari dual persepsi.

"Implementasi SSm Pengangkut merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja sistem logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional,” ungkap Anton Martin, Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas.

Implementasi SSm Pengangkut juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan korupsi. Hasil penilaian Strategi Nasional Pencegahan Koruspi (Stranas PK) yang menunjukan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang merupakan pelabuhan dengan katagori Hijau. Ini menunjukan tantangan besar untuk dapat mempertahankannya.

“Dengan adanya integrasi kinerja di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dapat meningkatkan koordinasi dan serta kesesuaian prosedur yang nantinya berimplikasi pada pelaksanaan tugas yang optimal dari masing-masing instansi,” ungkap Guntur Sahat Hamonangan selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Akun resmi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di Retizen Republika Blogger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kebijakan Keimigrasian Terbaru Bantu Industri Pariwisata dan Film Internasional

Image

Sosialisasi Peran Perangkat Daerah dalam Melakukan Pengawasan Orang Asing

Image

Percepatan Pemanfaatan Data Sistem Penanganan Perkara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI)

Image

Meriah! Sebanyak 3.000 Peserta Akan Menghadiri Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah

Image

Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng Paparkan Hasil Rapat Koordinasi

Image

Kepala Rutan Temanggung Ikuti arahan Menkumham lewat Kakanwil Kemenkumham Jateng

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image