Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohamad Su'ud

Inilah Calon Penghuni Surga (bagian 1)

Agama | Monday, 26 Sep 2022, 09:58 WIB

Pengajian Ahad Pagi yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Manarul Islam Sekaran, Ahad, 25/9/2022, berlangsung hikmat dan khusuk. Tidak kurang dari 100 jamaah hadir untuk menyimak paparan yang disampaikan oleh ustadz Khoirur Rozikin.

Dalam kesempatan tersebut Ustadz Rozikin --demikain panggilan akrabnya -- mengutip ayat Al-Qur'an surat Ali Imron 185, yang artinya:

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”

Selanjutnya, pengasuh Pondok Pesantren ini mengungkapkan 6 ciri penghuni surga

Pertama, Sabar. Rozikin menjelaskan bahwa ciri orang yang beriman adalah senantiasa sabar terhadap musibah, baik yang menyenangkan maupun yang menyulitkan. "Sabar merupakan identitas muslim, jaminanya surga," tandas pengasuh Ponpes Darussalam Sethalok Kranji Paciran

Lalu beliau menyitir salah ayat, Al-Baqarah/2 : 177:

Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa“.

Ustadz Rozikin juga mengutip hadist Nabi SAW:

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Kedua, Menuntut Ilmu. Rozikin menandaskan bahwa Kewajiban menuntut ilmu untuk semua orang, bukan hanya dibangku sekolah. Rozikin memberikan dalil hadits nabi yang artiya:

Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Rozikin berharap agar para jamaah masjid Manarul Islam, gemar menunut ilmu. "Menuntut ilmu, sebagai wasilah diangkatnya derajat kita," tandasnya.

Ketiga, Murah Senyum. "Rosulullah seorang pemurah dan selalu tersenyum kepada ummatnya," jelas Rozikin.

Bahkan, lanjut Rozikin Rosulullah dalam beberapa hadits menerangkan tentang hal ini.

Aisyah meriwayatkan, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW tertawa terbahak-bahak sehingga kelihatan batas kerongkongannya. Namun, tertawanya beliau adalah dengan tersenyum.” (HR. Bukhari, kita al-Adab)

Ustadz Khoirur Rozikin, saat menyampaikan pengajian di Masjid Manarul islam Sekaran

Abdullah bin Harits bin Jaza ra meriwayatkan, “Rasulullah SAW tidak pernah tertawa melainkan dengan tersenyum.” (HR. At-Tirmidzi, kitab al-Adab)

"Mari kita ummatnya ini, meneladani akhlaq Rosulullah yang selalu tersenyum. Dijalan bertemu teman tersenyum, di rumah tersenyum, kepada anak tersenyum, kepada suami-istri tersenyum," urainya.

Dirangkum oleh: Mohamad Su'ud

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image