Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Terbuka Kendal

Sesuai SOP, Lapas Terbuka Kendal Jamin Pemenuhan Kebutuhan Makanan Bagi WBP

Kabar | Sunday, 25 Sep 2022, 12:56 WIB

KENDAL – Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal melakukan kegiatan pengelolaan makanan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Proses pemenuhan kebutuhan makanan WBP di mulai dari penerimaan bahan makanan yang diterima dari pemborong bahan makanan oleh petugas pengamanan pintu utama (P2U), didampingi staf perawatan di pos P2U kemudian ditimbang.

Pengolahan Bahan Makanan (BAMA) harus sesuai menu sepuluh hari ke depan dan takaran gizi yaitu 2.310 kalori per orang per hari yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen Pas).

Adapun kebutuhan dalam pemenuhan bahan makanan yang diterima WBP untuk menu sepuluh hari ke depan, yakni terdiri dari beras, ubi/ketela, daging sapi, ayam ras/broiler, telur ayam, kelapa daging, sayuran segar, buah-buahan, gula pasir, bumbu segar, racikan sambal, garam dapur, tahu, tempe, acang-kacangan, kacang hijau, ikan segar, ikan kering, minyak Goreng, gula kelapa/aren, kecap, gas dan air minum.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Jonet Darmawan Adi menyampaikan bahan makanan yang telah diterima selanjutnya diolah setiap harinya untuk makan pagi, siang, dan malam oleh WBP yang mendapat jadwal tugas memasak di dapur dengan pengawasan oleh Kasubsi Perawatan dan staf.

"Bahan makanan harus dikelola dengan baik mulai dari penerimaan hingga standar gizi yang telah ditentukan Ditjenpas, agar hak WBP terpenuhi," jelasnya, Sabtu (24/9/2022).

Jonet menambahkan, makanan yang selesai diolah, selanjutnya dilakukan serah terima ransum dari staf perawatan kepada regu pengamanan disertai dengan Berita Acara Serah Terima Ransum WBP.

"Kemudian dilakukan pendistribusian kepada WBP di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu WBP yang berinisial RS mengaku, makanan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal sangat baik. Mulai dari nasi hingga lauknya sangat layak.

"Sudah seperti di rumah makan, nasinya putih bersih, makanannya pun enak ada buahnya beserta sayur, pokoknya mantap," ungkap RS. (**)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image