Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Kembali, Guru Bandung Barat Terbitkan Buku Antologi CGP

Eduaksi | Saturday, 24 Sep 2022, 13:46 WIB
Buku Asa Guru Penggerak hasil karya para guru Bandung Barat. dok.pribadi.

Bandung Barat- Para guru yang tergabung dari program calon guru penggerak (CGP) angkatan 4 dari Kab.Bandung Barat, kembali menerbitkan buku antologi best practise dan aksi nyata pembelajaran, Jumat (23/9/22).

Buku setebal 184 halaman tersebut, ditulis oleh 25 orang guru sebagai implementasi dari program CGP yang bertujuan mewujudkan pemimpin pembelajaran yang mandiri, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan berpihak pada murid.

Dadang A. Sapardan, Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat, dalam sambutannya menyampaikan buku kumpulan karya para guru ini menggambarkan sejumlah capaian selama mereka mengikuti program CGP.

Plt. Sekretaris Disdik KBB, H. Dadang A. Sapardan. dok.pribadi

Menurutnya, para penulis menuangkan ide, gagasan, bahkan karya sastra sesuai dengan apa yang diterima selama mengikuti program CGP.

"Buku kumpulan karya para guru ini menggambarkan sejumlah capaian selama mereka mengikuti program calon guru penggerak yang diluncurkan Kemendikbudristek. Selain itu, keinginan kuat para penulis untuk mempublikasikan sejumlah karya merupakan implementasi dari calon pemimpin pembelajaran yang mandiri, kreatif, dan inovatif, sesuai dengan peran dan nilai guru penggerak," tuturnya dalam kata sambutan buku.

Sementara itu, Rustiyana, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik KBB, dalam testimoninya menyampaikan buku tersebut menggambarkan pengalaman para guru selama mengikuti program CGP. Menurutnya, program ini telah melatih mereka untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang diikuti dalam bentuk karya mandiri yang juga bisa dibaca di website resmi Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat.

Kabid PSMP Disdik KBB, DR. H. Rustiyana, MT., M.Pd., M.A.P. dok.pribadi.

"Asa Guru Penggerak merupakan buku yang menggambarkan pengalaman para guru selama mengikuti program CGP. Kegiatan tersebut telah melatih mereka untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang diikuti dalam bentuk karya mandiri," ujarnya.

Senada dengan Ma'mun Hidayat, Tokoh pendidikan Bandung Barat, yang menambahkan bahwa buku tersebut menunjukan capaian para guru selama mengikuti program yang bertujuan mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berpihak pada murid.

Tokoh Pendidikan Bandung Barat, Drs. Moh.Ma'mun Hidayat.dok.pribadi

Menurutnya, hal tersebut terlihat dalam tulisan yang disusun mereka dengan mengangkat sejumlah karya seputar pengalaman mereka di satuan pendidikan masing-masing.

"Ketika membaca buku berjudul Asa Guru Penggerak karya CGP Kab. Bandung Barat, tampak para penulis menyampaikan capaian mereka selama mengikuti program yang bertujuan mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berpihak pada murid. Hal tersebut terlihat dalam tulisan yang disusun mereka dengan mengangkat sejumlah karya berupa praktik baik, aksi nyata, dan karya sastra seputar pengalaman mereka di satuan pendidikan masing-masing," kesan Ma'mun.

Di lain pihak, Nurmei Usyamti, salah seorang penulis yang juga guru SDN 2 Rajamandalakulon, mengungkapkan kegembiraan atas diterbitkannya buku Asa Guru Penggerak.

Menurut Nurmei, buku tersebut merupakan pengalaman yang berharga dalam hidupnya,karena bisa mendokumentasikan setiap kegiatan phelajaran di kelas dalam karya yang dapat dibaca oleh semua orang.

Nurmei Usyamti, S.Pd, Guru SDN Rajamandalakulon Bandung Barat. dok.pribadi.

"Dengan terbitnya buku Asa Guru Penggerak, ini merupakan sesuatu yang berharga dalam hidup saya. Setiap kegiatan pembelajaran di kelas, bukan hanya didokumentasikan untuk pribadi saja, namun kini dapat dibaca oleh semua orang," ungkapnya.

Di kesempatan terpisah, Nenden Lia Amalia, guru SMPN 3 Ngamprah, menandaskan terbitnya buku di atas, menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus berkarya, sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Nenden Lia Amalia, M.Pd., Guru SMPN 3 Ngamprah Bandung Barat. dok.pribadi

"Buku ini memotivasi saya untuk terus berkarya. Sehingga, karya tersebut dapat bermanfaat bagi semua pihak," tandas Nenden.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita: Nenden Lia Amalia, M.Pd (SMPN 3 Ngamprah).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image