Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

3 Tip Menyiapkan Duit Liburan Akhir Tahun Sejak Jauh Hari

Gaya Hidup | Friday, 23 Sep 2022, 16:06 WIB

Berlibur banyak dipilih saat akhir tahun, entah itu di dalam maupun luar negeri. Nah, biar liburan akhir tahunnya menyenangkan seyogiyanya pendanaannya disiapkan sejak jauh hari.

Menyiapkan dana liburan sejak jauh hari penting dilakukan agar kondisi keuangan secara umum memang sehat dan jangan sampai menjadi tidak sehat karena ambil jalan pintas yakni utang.

Nah, biar bisa menyiapkan dana liburan akhir tahun sejak jauh hari, berikut ini 3 tip yang bisa dilakukan:

1. Sisihkan dari gaji bulanan

Idealnya yakni rutin menyisihkan 10% dari gaji bulanan yang dialokasikan khusus untuk liburan akhir tahun. Menyisihkan tiap bulan penting dilakukan agar pengeluaran tidak terasa berat dibanding jika harus langsung disiapkan di hari H. Karena disisihkan dari gaji bulanan maka duitnya sebaiknya tidak dianggurkan begitu saja, tetapi dikembangkan dengan cerdas salah satunya dengan ditempatkan pada investasi reksa dana pasar uang, semisal melalui platform IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas, yang memberikan imbal hasil (return) lebih baik daripada bunga deposito dan tabungan konvensional.

2. Mulai listing jenis liburan akhir tahun

Setelah dana mulai disiapkan maka seyogiyanya menentukan jenis liburan akhir tahun yang dipilih dengan berpatokan dengan budget yang tersedia. Karena sudah dengan dana khusus liburan, sebaiknya tidak menggerogoti pos keuangan lainnya atau bahkan sampai utang demi liburan. Saat melisting inilah pentingnya sikap realistis dengan besaran (budget) dana yang dimiliki. Saat melisting ini penting juga membuat rincian pos-pos keuangan liburan mulai dari akomodasi, transportasi, tiket dan hal lainnya yang diperlukan. Perincian secara detail akan meminimalisir pengeluaran tak terduga.

3. Jangan lupa dana cadangan

Serinci dan sedetail apa pun pos-pos keuangan yang kita buat, yang namanya liburan itu pasti tetap membutuhkan yang namanya dana cadangan untuk mengantisipasi pengeluaran yang tak diperkirakan kayak harga tiket wisata, transportasi dan menu makanan yang telah naik. Terkait hal ini, idealnya duit cadangan ini sebesar 30% dari keseluruhan budget liburan. So, dengan ketersediaan dana cadangan ini maka liburan pun tidak dihantui kecemasan kehabisan uang. Tujuan liburan pun tercapai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image