Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aulia rahmi

Seberapa Penting Belajar Bahasa Arab?

Agama | Thursday, 02 Dec 2021, 22:30 WIB

Cindy aulia rahmi, UIN syarif hidayatullah Jakarta

Email : [email protected]

Taukah kamu?

Bahasa arab merupakan pelajaran yang sangat penting,sampai sebagian ulama mengatakan hukumnya wajib.Berdasarkan kaidah mal yatimul wajibu illa bihi fahuwa wajib yaitu suatu perkara wajib tidak sempurna kecuali dengan yang lain maka yang lain itu hukumnya juga wajib.Tatkala memahami agama dengan baik hukumnya wajib,maka tidak mungkin seseorang bisa memahami agama kecuali dengan bahasa arab,maka dari sini ditemukanlah bahwa hukum mempelajari bahasa arab itu wajib.Dan ini merupakan pendapat sebagian ulama.Tapi apa dia wajib atau sunnah jika kita ingin paham agama maka kita harus belajar bahasa arab.Sehingga jika kita mengerti dengan bahasa arab kita bisa menikmati membaca alquran,kita bisa mengerti apa yang dibaca oleh Imam,dan kita bisa berlezat lezat dalam membaca alquran karna kita paham maknanya,kita juga bisa lebih khusyuk dalam melaksanakan solat,kita lebih mudah menghapal alquran dan juga hadist-hadist saw dan lebih mudah memahami perkataan ulama

sumber:alquds

Jadi sebenarnya dengan belajar bahasa arab kita menghemat umur,karna kalau kita tidak mengerti bahasa arab, ketika kita ikut pengajian demi pengajian maka itu sulit berkembang.Karena ilmu dasarnya kita tidak punya yaitu ilmu bahasa arab.

Maka dari itu saya ingin memberikan motivasi kepada pembaca,agar bersemangat dalam mempelajari bahasa arab.Tentu saja belajar bahasa arab sangat membosankan Karena tidak berbicara tentang hukum ini dan itu.Tapi sebenarnya belajar bahasa arab itu nikmat,seperti ketika kita mempelajari ilmu nahwu karena memahaminya memerlukan kecerdasan.Dan kalau seseorang belajar dengan kecerdasan yang wajar maka insyaallah dengan izin allah tiap hari dua bulan dia akan mahir membaca kitab gundul sebagai pemula.

Menurut sebagian ulama salaf mengatakan orang yang mempelajari bahasa arab maka iq nya semangkin hari akan bertambah cerdas.Dan itu bisa kita temukan dalam kehidupan sehari hari, rata-rata orang yang bisa bahasa arab adalah orang cerdas, baik di Indonesia maupun di yaman.Dan walaupun orang arabnya sendiri.Karena tidak semua orang arab bisa berbahasa arab dengan benar.Karena bahasa arab butuh kepada nahwu.

Ucapan syaikhul islam “tidaklah seorang praktekan bahasa arab menggunakan bahsa arab dalam percakapannya melainkan akan semakin tajam pemahaman dia terhadap agama,dan akan semakin cemerlang akalnya”.Dan kalau kita lihat memang benar,karena bahasa arab itu tidak seperti bahasa lain.contohnya salah penyebutan harakat saja maka akan kacau artinya.

Tidak ada yang bisa belajar bahasa arab kecuali orang yang mempunyai tekun dan disiplin.Dan mau terikat dengan sesuatu.Dan menurut pengalaman saya bahasa arab itu terikat akan tiga hal yaitu:menulis,mengucapkan dan mendengarkan.

sumber:alquds

Untuk lebih mudah memahami bahasa arab maka saya akan membagi beberapa tips kepada pembaca :

(1).Harus pintar nahwu dan sharf

(2).Berani ngomong

(3).berdoa kepada allah

Tiga tips diatas jika ditekuni maka dalam waktu yang insyallah singkat maka kita akan mahir dalam berbahasa arab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image