CSR Menjadi Bukti Nyata Komitmen Perusahaan Dalam Menguatkan dan Memberdayakan Masyarakat

Image
Alto Refa Chandra
Lomba | Thursday, 22 Sep 2022, 22:41 WIB
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi dan pngegg.com

Ketika membicarakan tentang CSR (Corporate Social Responsibility), pasti banyak dari kita yang masih menganggap bahwa CSR hanyalah sebuah strategi promosi perusahaan untuk meningkatkan citra baiknya. Namun apakah benar CSR hanya bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan? Sejujurnya aku pribadi merasa kurang setuju dengan anggapan ini.

Kenyataannya CSR bukan hanya sebuah strategi promosi, CSR memiliki tujuan lebih mulia dibandingkan hanya sekedar untuk promosi perusahaan. Percayalah bahwa perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya sekedar mengejar profit (keuntungan) semata. Perusahaan juga memiliki komitmen untuk bisa memberikan dampak positif dalam menjalankan bisnis.

Salah satu cara untuk bisa memberikan dampak positif adalah dengan menghadirkan program CSR. Aku pribadi menganggap bahwa CSR adalah sebuah bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan beroperasi. Perusahaan akan membuat berbagai program yang dapat memberikan manfaat kepada sekitar.

Sumber Gambar : pngegg.com

Program CSR sendiri sering kali ditujukan perusahaan untuk membantu menguatkan dan memberdayakan masyarakat. Sesungguhnya perusahaan memang memiliki kepedulian yang tinggi pada kesejahteraan hidup masyarakat. Perusahaan berupaya semaksimal mungkin menghadirkan berbagai program yang dapat membantu masyarakat untuk bisa memiliki kesejahteraan hidup lebih baik.

Fakta membuktikan bahwa CSR memang memiliki manfaat yang cukup besar pada masyarakat. Telah banyak masyarakat yang sangat terbantu berkat hadirnya program CSR dari perusahaan. Contoh nyata dampak positif dari program CSR adalah membantu masyarakat untuk sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Perusahaan menciptakan program pengembangan kepada para pelaku bisnis agar bisa naik kelas.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Aku pribadi memiliki bukti nyata terkait dampak positif dari hadirnya program CSR perusahaan kepada pelaku bisnis. Aku memiliki seorang teman yang dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis berkat memanfaatkan program CSR yang dihadirkan oleh perusahaan. Temanku bernama Rr Arum Adhi Sekaringtyas, dia memiliki bisnis rumah makan dengan nama Selendang Biru.

Sejujurnya bisnis rumah makan temanku tergolong sangat besar di Kota Madiun, bahkan sekelas bapak Sandiaga Uno pernah makan disana. Namun kalian harus tahu bahwa dibalik besarnya bisnis rumah makan yang dia miliki, ternyata terdapat sebuah perjuangan dalam membesarkannya. Temanku sendiri pernah hampir menyerah dalam menjalankan bisnis, karena bisnisnya terus mengalami kerugian akibat pandemi Covid-19.

Lalu sekarang timbul sebuah pertanyaan, apa faktor utama yang membuat dia bisa bangkit dan dapat mengembangkan bisnisnya sampai sebesar saat ini? Sejujurnya faktor utama yaitu memanfaatkan program CSR dari perusahaan. Temanku bercerita bahwa berkat mengikuti berbagai program CSR dari perusahaan, membuat dia dapat memanfaatkan peluang untuk membangkitkan dan mengembangkan bisnisnya.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi dan bri.co.id

Perusahaan yang sangat berjasa atas kesuksesan temanku dalam menjalankan bisnis adalah Bank BRI. Tidak dapat dipungkiri bahwa Bank BRI memang menghadirkan berbagai program CSR yang dapat membantu temanku untuk bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis. Tentunya semua ini sangat sesuai dengan komitmen Bank BRI untuk membantu menguatkan dan memberdayakan para pelaku bisnis agar dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Bank BRI memang menawarkan berbagai program CSR yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Temanku menceritakan bahwa mendapatkan berbagai program dari Bank BRI. Program yang ditawarkan Bank BRI seperti pendampingan dan konsultasi terkait bisnis, pendidikan dan pelatihan bisnis, serta juga mendapatkan bantuan pendanaan.

Sungguh adanya program CSR Bank BRI, sangat membantu para pelaku bisnis dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. Berkat adanya program CSR, para pelaku bisnis dapat bertahan dalam situasi pandemi dan bangkit untuk menjadi lebih besar. Percayalah tidak hanya temanku saja yang mendapatkan bantuan dari Bank BRI, faktanya banyak masyarakat Indonesia yang terbantu dengan adanya program CSR Bank BRI.

Sumber Gambar : bri.co.id

Aku pribadi sangat mengapresiasi program CSR yang dihadirkan oleh Bank BRI, tidak dapat dipungkiri bahwa Bank BRI memang memiliki komitmen yang tinggi dalam menerapkan program CSR. Bank BRI memiliki program CSR yang dikenal dengan nama BRI Peduli, fokus dari program CSR Bank BRI adalah pada empat pilar yaitu Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan serta Pilar Hukum dan Tata Kelola.

Teman-teman, kalian harus tahu bahwa dalam menerapkan program CSR, Bank BRI berpedoman pada konsep triple bottom line yaitu pro people, pro planet dan pro profit. Pro people merupakan bentuk kepedulian Bank BRI kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pro planet merupakan bentuk kepedulian Bank BRI pada lingkungan hidup. Sedangkan pro profit merupakan keuntungan finansial dan non finansial yang diharapkan didapat oleh penerima bantuan dan nantinya dapat memberikan dampak kepada bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

Sumber Gambar : bri.co.id

Tentunya dengan menerapkan konsep pro people, pro planet dan pro profit menjadi bukti bahwa Bank BRI dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mengejar keuntungan (profit) semata. Bank BRI juga memiliki kepedulian yang sangat tinggi pada permasalahan kesejahteraan hidup masyarakat dan lingkungan. Sesungguhnya program CSR yang dijalankan Bank BRI, memang memberikan kontribusi besar pada penyelesaian permasalahan kesejahteraan hidup masyarakat dan lingkungan.

Percayalah bahwa CSR memang menjadi bukti nyata terkait komitmen perusahaan dalam menguatkan dan memberdayakan masyarakat. Adanya program CSR dari perusahaan, memang dapat membantu masyarakat untuk bisa memiliki kesejahteraan hidup yang lebih baik. Jadi disini dapat disimpulkan bahwa CSR tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan saja, faktanya masyarakat juga mendapatkan manfaat dari adanya program CSR.

Lalu timbul sebuah pertanyaan, apakah hanya Bank BRI yang menawarkan program CSR? Sejujurnya tidak. Hampir seluruh perusahaan dalam menjalankan bisnis juga menawarkan program CSR. CSR memang sebuah bentuk tanggungjawab yang wajib untuk dilaksanakan oleh seluruh perusahaan. Adanya penerapan program CSR secara baik dari perusahaan, dapat membantu perusahaan untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Aku disini memiliki sebuah harapan bahwa seluruh perusahaan dapat menciptakan program CSR dengan baik. Wajib hukumnya bagi perusahaan untuk menciptakan program CSR yang benar-benar dapat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Perusahaan harus dapat membuktikan bahwa adanya program CSR, memang dapat memberikan manfaat dalam menguatkan dan memberdayakan masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya merupakan seorang yang memiliki hobi dalam dunia menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image