Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risal Faqih

Cara Membersihkan dan Merawat Meja Dapur Dengan Mudah

How To | 2022-09-22 09:53:57

Pepatah mengatakan "rumahku adalah istanaku", maka isi rumah harus kita rawat dengan baik. Bukan hanya kamar mandi atau kamar tidur saja yang harus kita bersihkan, dapur juga salah satu tempat yang mesti kita rawat. Apalagi untuk ibu yang suka masak mungkin intensitas membersihkan meja dapur adalah hal yang penting.

Meja dapur di setiap rumah dapat memiliki bahan yang berbeda-beda tergantung selera Anda. Hal ini juga akan bergantung dengan cara merawat meja dapur yang Anda miliki. Beberapa bahan baku pembuatan meja dapur yang sering kita lihat yakni kayu, keramik, beton, granit, marmer, kuarsa atau stainless steel. Agar semakin jelas simak ulasan berikut ini.

Cara Membersihkan Meja Dapur Berbahan Kayu

dapurideal.com
dapurideal.com

Untuk bahan pertama dari meja dapur yang sering digunakan ialah kayu, penggunaan kayu akan membuat tampilan dapur terkesan lebih hangat. Jangan salah meja yang terbuat dari kayu ini juga tersedia dalam banyak warna bukan hanya coklat. Anda bisa membersihkan meja kayu ini dengan air hangat, lemon, garam, atau cuka putih.

Karena meja dapur yang terbuat dari kayu ini akan menjadi awet jika kita pintar dalam membersihkannya. Jika perlu kita bisa melakukan pemolesan ulang secara bertahap ketika kondisi meja kayu sudah terlihat rapuh. Cara merawat meja dapur berbahan kayu ini cenderung harus lebih teratur.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Ubin Keramik

Kompas.com
Kompas.com

Selanjutnya tidak jarang Anda juga sering lihat ada meja dapur yang terbuat dari ubin keramik. Pemilihan bahan ubin untuk meja dapur tidak lain ialah supaya mudah untuk di lap atau dibersihkan. Pemilihan warna keramik untuk meja dapur juga disesuaikan dengan selera masing-masing. Karena terbuat dari ubin sehingga lebih tahan panas, mudah dibersihkan dan awet.

Cara merawat meja dapur berbahan ubin ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat pembersih sendiri menggunakan 1 sendok soda kue kemudian ditambah dengan sabun cair. Atau bisa menggunakan 2 sendok makan cuka dan bahan dasar penghilang noda lainnya. Anda bisa mengakalinya dengan memasukan ke dalam semportan supaya bisa digunakan kapan saja.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Beton

Nah, mungkin masih terdengar jarang ada meja dapur yang terbuat dari beton atau biasa kita kenal bahan baku pembuatan jalan. Tapi sekarang beron bisa digunakan sebagai bahan meja dapur agar terkesan lebih industrial, beton bisa di cat berwarna-warni atau diukir sesuai keinginan pengguna agar terlihat lebih modern.

Karena menggunakan beton sehingga lebih awet dan tahan goresan atau panas sehingga rentan terkena noda. Cara merawat meja dapur berbahan beton ini cukup mudah anda bisa menggunakan sabun cair dan spons untuk mengelapnya. Atau gunakan semprotan disinfektan yang anda buat sendiri, setelahnya keringkan menggunakan handuk bersih.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Granit

Kalau untuk bahan yang satu ini pasti sudah familiar, pemilihan bahan granit akan membuat dapur Anda semakin elegan dan mewah. Bahan ini juga lebih tahan terhadap panas, mudah di lap, dan tidak mudah tergores. Cara membersihkannya juga mudah bisa menggunakan air sabun biasa, atau tambahkan soda kue untuk menghilangkan minyak yang menempel.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Marmer

Marmer merupakan salah satu bahan yang paling disukai untuk pembuatan meja dapur karena memiliki pola yang lebih beragam. Cara merawat meja dapur berbahan marmer juga cenderung mudah bisa menggunakan air biasa, air sabun atau campurkan dengan soda kue. Tetapi bahan ini mudah terkena goresan jadi perlu berhati-hati saat membersihkannya.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Kuarsa

Bahan kuarsa atau batu rekayasa ini juga ternyata bisa digunakan untuk membuat meja dapur lho. Mirip dengan granit bahan ini memiliki banyak motif batuan, pemilihan kuarsa sebagai pembuatan meja karena awet, tahan terhadap noda, tidak mudah retak dan anti bakteri. Yang paling penting kuarsa ini lebih murah ketimbang granit atau marmer.

Cara merawat meja dapur berbahan kuarsa ini juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan campuran sabun yang lembut ditambah dengan air. Kalau Anda menemukan noda membandel di meja Anda bisa menggunakan pembersih kaca dengan spons non abrasi.

Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Staimless Steel

Bahan pembuatan meja dapur yang terakhir yaitu stainless steel, sudah jelas bahan ini tahan panas, tidak mudah keropos dan awet. Cara membersihkannya juga mudah cukup gunakan sabun cuci piring atau tambahkan soda jika ada noda membandel. Gunakan kain microfiber saat membersihkan agar tidak menggores permukaan stainless.

Itulah beberapa cara merawat meja dapur supaya tetap bersih dan terjaga kualitasnya. Masing-masing orang pasti memiliki pilihan tersendiri untuk meja dapurnya, jadi perhatikan pemilihan bahan dan sesuaikan dengan cara membersihkannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image