Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bang Penthol

Besi dan Baja Tidak Sama? Ini Perbedaannya

Eduaksi | Friday, 16 Sep 2022, 18:06 WIB

Dalam industri pembangunan dan konstruksi, besi dan bajasekilas terlihat sama, tapi tahukah Anda bahwa besi dan baja memiliki perbedaan dari berbagai segi? Dimulai dari bahan sampai ketahanannya dan masih banyak lagi perbedaan antara besi dan baja jika Anda ingin mengetahui nya lebih dalam. Nah berikut akan kami sebutkan 5 dari sekian banyak perbedaan antara besi dan baja. Yuk simak lengkap nya dibawah ini!

Besi dan baja merupakan material bangunan yang sangat populer digunakan untuk keperluan berbagai macam konstruksi. Kedua material ini terkenal karena sifat nya yang kokoh untuk digunakan dalam berbagai keperluan konstruksi pembangunan seperti hunian, gedung-gedung perkantoran, hingga otomotif.

Meskipun tampak kasar pada besi dan baja memiliki kekuatan dan ketahanan yang terlihat sama, sebenarnya kedua material tersebut memiliki perbedaan yang jika kita telaah akan bisa membuat kita semakin berfikir bahwa besi dan baja itu tidaklah sama. Yuk simak daftar 5 perbedaan antara besi dan baja berikut ini!

Perbedaan Besi dan Baja

1. Pembentukan Material

Besi (Iron) merupakan material yang ditemukan di alam (nature) yang terbentuk dari unsur ferrum atau Fe.

Material ini terbuat dari bijih atau mineral besi yang ditambang langsung dari alam dan kemudian dioleh sedemikian mungkin menjadi material keras yang kita sebut sebagai Besi (Iron).

Sementara itu, baja adalah material buatan hasil dari perpaduan dari berbagai unsur, seperti

· Karbon

· Besi

· Fosfor

· Sulfur

· Mangan

· Silicon

· Aluminium, oksigen dan nitrogen dalam kuantitas yang kecil.

2. Karakteristik

Karakteristik Baja dan Besi juga memiliki karakteristik yang berbeda. Yang paling terlihat adalah

Besi lebih cenderung mudah berkarat, sedangkan baja memiliki sifat antikarat dan juga tahan terhadap udara yang lembab.

3. Permukaan (Surface)

Dari segi permukaan, kedua material bangunan ini juga memiliki perbedaan.

Dalam pemakaian yang lama besi akan memiliki permukaan yang berkarat. Sementara permukaan baja tetap terlihat mengilat meski telah digunakan dalam waktu yang lama.

4. Penggunaan

Besi merupakan salah satu material yang dikenal sebagai bahan bangunan. Selain itu, besi juga merupakan material untuk perangkat dan peralatan rumah tangga, bahkan juga kendaraan. Berbeda dengan besi, selain digunakan untuk material bangunan, baja juga digunakan dalam pembuatan mobil serta kereta api dan relnya. Baja juga biasanya digunakan untuk pembangunan jalan, jembatan dan berbagai peralatan rumah tangga.

Nah tadi itu adalah hal-hal yang membedakan besi dan baja, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam hal memilih bahan yang tepat untuk proyek konstruksi anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image