Pemberdayaan masyarakat melalui CSR

Image
riska nur
UMKM | Thursday, 15 Sep 2022, 21:53 WIB

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu memberdayakan masyarakat sekitarnya melaui CSR tanggung jawab sosial perusahaan CSR harus mampu dilakukan secara tepat agar dapat memberikan dampak yang baik pula terhadap perusahaan meliputi masyarakat yang dijadikan sasaran utama. Dapat kita lihat bahwa berjalannya program CSR disuatu perusahaan dan memberikan manfaat yaitu dengan memberdayakan masyarakat.

Dengan adanya pemberdayaan masyarakat maka harus mampu memberikan perubahan Dari berbagai aspek sosial budaya dan ekonomi maupun komunikasi Nya. Sehingga dengan adanya perubahan mampu mengubah kondisi menjadi lebih baik lagi disisi lain perubahan tersebut dapat meningkatkan daya tarik dari berbagai pihak sehingga masyarakat akan benar benar berdaya dalam menyelesaikan masalah masalah komunitas nya. Maka dari itu dibutuhkannya peningkatan kapasitas terhadap masyarakat yaitu dengan pendampingan, pelatihan, studi banding, dll.

Pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan dalam berbagai aspek baik aspek ekonomi, aspek sosial, aspek pendidikan dan kebudayaan selain itu pemberdayaan masyarakat dapat di terapkan pada berbagai sektor seperti UMKM, perdagangan, pertanian, perikanan dll.

Pemberdayaan masyarakat membutuhkan partisipasi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam rangka memberikan peningkatan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu kemitraan dari berbagai pihak adalah suatu pendekatan yang tidak bisa dihindari kemitraan dapat dilakukan bersama pemerintah pusat ( kementrian / lembaga) . Pemerintah daerah, korporasi swasta, BUMN, BUMD, dll.

Kemitraan dari berbagai pihak akan mempermudah proses pemberdayaan masyarakat sebab dengan adanya mitra maka semua akan ikut andil dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat

Dapat disimpulkan bahwa program pemberdayaan masyarakat atau community development sebagai wujud Dari tanggung jawab sosial perusahaan yang pada intinya akan membawa Benyak sekali dampak positif yang luar biasa apabila dilakukan dengan baik tidak hanya mampu kesejahteraan masyarakat dan distribusi kekayaan merata tapi juga secara futuristik mampu memandirikan masyarakat dan pada akhirnya masyarakat akan mandiri, terorganisasi dan berkeadaban maksud dari berkeadaban yaitu memiliki nilai nilai moral yang mengarahkan kepada prinsip prinsip moral suatu kelompok.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image