Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image riska nur

Pemberdayaan masyarakat melalui CSR

UMKM | Thursday, 15 Sep 2022, 21:53 WIB

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu memberdayakan masyarakat sekitarnya melaui CSR tanggung jawab sosial perusahaan CSR harus mampu dilakukan secara tepat agar dapat memberikan dampak yang baik pula terhadap perusahaan meliputi masyarakat yang dijadikan sasaran utama. Dapat kita lihat bahwa berjalannya program CSR disuatu perusahaan dan memberikan manfaat yaitu dengan memberdayakan masyarakat.

Dengan adanya pemberdayaan masyarakat maka harus mampu memberikan perubahan Dari berbagai aspek sosial budaya dan ekonomi maupun komunikasi Nya. Sehingga dengan adanya perubahan mampu mengubah kondisi menjadi lebih baik lagi disisi lain perubahan tersebut dapat meningkatkan daya tarik dari berbagai pihak sehingga masyarakat akan benar benar berdaya dalam menyelesaikan masalah masalah komunitas nya. Maka dari itu dibutuhkannya peningkatan kapasitas terhadap masyarakat yaitu dengan pendampingan, pelatihan, studi banding, dll.

Pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan dalam berbagai aspek baik aspek ekonomi, aspek sosial, aspek pendidikan dan kebudayaan selain itu pemberdayaan masyarakat dapat di terapkan pada berbagai sektor seperti UMKM, perdagangan, pertanian, perikanan dll.

Pemberdayaan masyarakat membutuhkan partisipasi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam rangka memberikan peningkatan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu kemitraan dari berbagai pihak adalah suatu pendekatan yang tidak bisa dihindari kemitraan dapat dilakukan bersama pemerintah pusat ( kementrian / lembaga) . Pemerintah daerah, korporasi swasta, BUMN, BUMD, dll.

Kemitraan dari berbagai pihak akan mempermudah proses pemberdayaan masyarakat sebab dengan adanya mitra maka semua akan ikut andil dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat

Dapat disimpulkan bahwa program pemberdayaan masyarakat atau community development sebagai wujud Dari tanggung jawab sosial perusahaan yang pada intinya akan membawa Benyak sekali dampak positif yang luar biasa apabila dilakukan dengan baik tidak hanya mampu kesejahteraan masyarakat dan distribusi kekayaan merata tapi juga secara futuristik mampu memandirikan masyarakat dan pada akhirnya masyarakat akan mandiri, terorganisasi dan berkeadaban maksud dari berkeadaban yaitu memiliki nilai nilai moral yang mengarahkan kepada prinsip prinsip moral suatu kelompok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image