Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image haykal Nabil

Belajar Bahasa Arab Lewat Game Online, Memang Bisa?

Info Terkini | Wednesday, 01 Dec 2021, 12:53 WIB
sumber :pixabay

“Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian”-Umar bin Khatab

Mungkin ini landasan kita untuk mempelajari bahsa Arab.namun tidak ada penjelasan metode apa yang perlu kita gunakan dalam mempelajarinya . oleh karena itu fungsi diciptakannya akal untuk berfikir dan menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi karena allah berfirman :

لا يكلف الله نفسا إلا وسعها

“Allah tidak membebani seseorang melainkan kesanggupannya”Q.S: Al-baqaraah ayat 286

“Game” nampaknya kata ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun, kata Game ini sering kali dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Banyak yang beropini bahwa gim hanya bisa memberikan dampak buruk saja. Salah satunya yaitu game online dan tak jarang telinga kita mendengar kalimat “bermain gim hanya bisa merusak kinerja otak”, “bermain gim hanya membuang-buang waktu” dll. Namun pada dasarnya, bermain gim juga bisa berdampak positif loh! Dengan catatan dapat mengartur sesuai porsinya.

Salah satu manfaat bermain gim terutama game online yang sedang marak dikaum milenial saat ini adalah dapat melatih dan menjadi metode yang inovatif dalam pembelajaran bahasa, terutama bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting bagi umat islam sebagaimana perkataan Umar bin Khatab yang artinya “pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian”. Untuk menguasai bahasa Arab sudah banyak dari orang-orang yang menggunakan berbagai macam metode seperti: menghafal kosakata, menonton video,membaca dll, namun terkadang semua itu diluar ekspetasi yang terkadang membuat seseorang merasa bosan dengan metode yang itu-itu saja. Nah, dengan metode bermain gim ini kita akan menemukan dan melatih kemampuan kosakata bahasa kita dalam memahami sistem gim tersebut dengan cara mengubah setingan bahasanya. Dengan demikian kita dituntut untuk memahami serta melatih insting kebahasaan kita

Mobile Legends adalah salah satu game online yang sedang buming di zaman ini. Mulai dari kalangan muda maupun tua yang turut ikut serta dalam gim ini. Namun tanpa disangka gim ini bisa mendatangkan dampak positif bagi kalian yang ingin belajar bahasa dengan cara yang mengasyikkan, khususnya bahsa Arab. Karena gim ini dilengkapi dengan beberapa bahasa dari macanegara.dengan demikian secara tidak langsung dapat melatih kemampuan bahasa Arab si pemain.dan juga gim ini dapat melatih kebahasaan melalui intraksi lisan dengan orang asing

Menurut Reinders dan Wattan (2011) efek dari penggunaan game online yaitu kecemasan dan tingkat kemahiran mereka dalam mempelajari sesuatu. Demikian pula menurut Chen dan Johnson yang dikutip dalam Reinders dan Wattana (2011) yang berfokus pada fungsi game online yang meraangsang konteks pembelajaran bahasa asing sehingga bisa memotivasi peserta didik untuk melatih kemampuan bahasa diluar kelas.

Jadi mulailah belajar dengan apa yang kamu sukai, dan carilah metode pembelajaran yang menurut kalian efektif dan mudah. Seperti mana yang dikatakan oleh Al-Ghazali “bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dakam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari ,yaitu pelita kehidupan jiwa”. Dengan perkataan tersbut kita mengetahui bahwa belajar tidak hanya terpaku dengan apa yang ada dibuku namun,belajar juga bisa kita dapatkan dari hal-hal yang berada di sekitar kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image