Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Dekan Pascasarjana Unhas Kuliah Umum di Depan 4.051 Maba Unismuh

Info Terkini | Thursday, 15 Sep 2022, 15:12 WIB
Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Prof dr Budu PhD

REPUBLIKA, MAKASSAR – Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Prof dr Budu PhD memberi kuliah umum dalam acara pengukuhan 4.051 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Prof Budu juga merupakan anggota Badan Pembina Harian (BPH), sekaligus Dekan pertama Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar.

Kegiatan ini digelar secara luring dan daring. Acara luring diikuti 829 mahasiswa di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin, Kamus, 15 September 2022. Sementara itu, 3000-an mahasiswa lainnya mengikuti kegiatan melalui aplikasi zoom.

Dalam kuliah umumnya, Prof Budu menyampaikan tantangan dunia pendidikan saat ini popular disebut dengan istilag VUCA. Istilah itu merupakan singkatan dari Volatility (mudah berubah), Uncertainty (tidak menentu), Complexity (kompleksitas), Ambiguity (membingungkan).

“Adik-adik harus memahami hal-hal yang perlu dipersiapkan menghadapi tantangan di era VUCA. Saat ini dunia Pendidikan sangat dipengaruhi perkembangan teknologi digital dan artificial intelligence. Banyak pekerjaan yang hilang, namun banyak pula pekerjaan baru yang muncul,” jelasnya.

Tahun ini, Unismuh mengukuhkan 4.051 mahasiwa baru. Pengukuhan digelar dalam momentum Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dipimpin Rektor Unismuh Prof Ambo Asse.

Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri membacakan SK Rektor tentang Penetapan Mahasiswa Baru Tahun akademik 2022/2023. Jumlah pendaftar di Unismuh, sebanyak 9.223 orang, yang dinyatakan lulus 4.655, sedangkan yang melakukan registrasi dan berstambuk sebanyak 4.051 mahasiswa.

“Jumlah mahasiswa Fakultas Agama Islam yakni 700 orang, Fakultas Ekonomi Bisnis 806 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 629 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 619 orang, Fakultas Teknik 491 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 369 orang, Fakultas Pertanian 156 orang, dan Pascasarjana 241 orang,” ujar Prof Andis, sapaan akrab WR 2 Unismuh ini, saat membacakan SK Rektor.

Dalam acara yang sama, nakhoda Unismuh memberikan penghargaan kepada 10 Program Studi. Penghargaan tersebut terdiri dari dua kategori, yakni Prodi yang meraih akreditasi Unggul dan A pada tahun 2022, dan penghargaan kepada prodi yang tercepat memenuhi kuota pendaftaran Maba tahun 2022.

Selain itu, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse dan Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung memberikan beberapa pesan kepada mahasiswa Unismuh agar sukses menyelesaikan kuliah tepat waktu.

(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image