Tips Bahagia Bagi Ibu Pekerja

Image
Shafira Adlina
Curhat | Thursday, 15 Sep 2022, 08:14 WIB
Ilustrasi ibu pekerja (diolah pribadi dengan canva.com)

Bagi seorang Ibu yang memilih untuk berperan di ranah sosial sengan bekerja, tentu bukan hal yang mudah. Baik itu karena tuntutan ekonomi mencari nafkah untuk keluarga, aktualisasi diri dan alasan personal lainnya.

Sebagai ibu pekerja, kita harus mencurahkan tenaga ekstra demi menjaga profesionalisme di kantor dan tidak kehilangan peran sebagai ibu di rumah,

Dengan strategi yang baik, tekad yang kuat dan kemudahan dari sang pencipta, menjalani komitmen dua peran tersebut bukanlah hal yang mustahil kita dapat menjalan kedua peran tersebut dengan optimal.

Bahagia dalam Menjalankan Peran

Siapa yang tidak ingin bahagia? Setiap manusia tentu ingin menjadi manusia yang berbahagia. Namun, definisi relative bagi setiap orang. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika kita memutuskan untuk membagi waktu antara rumah dan pekerjaan agar tidak stress berkepanjangan.

1. Luruskan Niat

Perbaiki niat kita ketika memutuskan sesuatu. Dr Aisyah Dahlan pernah menjelaskan di salah satu seminarnya bahwa perasaan akan mempengaruhi pikiran dan Tindakan kita. Jika kita dari awal sudah ter-blocking bahwa menjadi ibu pekerja dan ibu rumah tangga sulit maka pikiran dan tindakan sehari-hari kita akan demikian.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang luruskan niat dan perasaan kita bahwa apa yang kita lakukan untuk ibadah dan kepentingan umat, misalnya jika kalian seorang dokter, tentara atau pengacara niatkan untuk mengamalkan ilmu yang didapat untuk menolong sesame dan mencari nafkah. Hal yang sama pun diniatkan jika profesimu juga pekerja di perusahaan swasta atau negara, apapun profesi kita luruskan niat dengan baik. Silahkan jawab pertanyaan, apa alasan terbesarku mengambil pekerjaan ini?

2. Pergunakan waktu secara bijak

Kunci selanjutnya agar kita dapat tetap bahagia walau menjalani rutinitas yang banyak adalah bijak mengatur waktu. Kamu harus bisa memilah hal apa saja yang penting dan membuat prioritas dalam hidupmu. Salah satu ilmu yang diberikan Ibu Septi (Pendiri Komunitas Ibu Profesional) mengajarkan kami untuk memakai metode kendang waktu. Dalam sehari, kami membagikan aktivitas mana untuk diri sendiri, untuk ibu domestik dan ibu pekerja. Misalnya dari jam 4 hingga 5 adalah waktu untuk diri sendiri, mengisi daya keimanan. Lalu, waktu membereskan pekerjaan domestik di pukul 5 hingga setengah 7. Kemudian ada waktu sebagai ibu pekerja.

Beberapa pekerjaan tentu akan kita subkontrakan kepada orang lain, misalnya untuk menyetrika kita bisa laundry. Prinsipnya kita menentukan prioritas mana yang penting dan mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting dan mendesak serta tidak penting dan tidak mendesak.

Apabila memungkinkan, usahakan untuk tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah.

3. Terima Perasaan Bersalah

Tidak sedikit ibu yang merasa bersalah karena harus menghabiskan waktu di kantor, serta meninggalkan sementara anak-anaknya di rumah. Perasaan bersalah tidak terindahkan dari dalam diri. Kebanyakan orang memberikan nasihat untuk menjauhi perasaan bersalah tersebut dan itu membuat kita jauh lebih stress ketika perasaan itu datang.

Saya pernah mendapatkan pencerahan dari seorang terapis wanita bahwa perasaan bersalah ataupun perasaan negatif lainnya harus kita terima. Perasaan tersebut adalah bagian emosi yang wajar terjadi di setiap manusia, rangkul dan terima perasaan tersebut.

Lalu, setelah menerimanya, amati apa sebabnya perasaan bersalah tersebut hadir. Contoh perasaan bersalah pada saya hadir karena kekhawatiran anak balitanya yang kerap GTM atau susah makan. Sehingga ia khawatir tumbuh kembangnya yang tidak maksimal.

Berarti untuk mengatasi perasaan khawatir tersebut, ia mengumpulkan data dari dokter anak dan mencari fakta kenapa anaknya susah makan. Apa karena menu, alat makanan atau suasana saat makan. Juga apakah anak sedang sakit seperti sariawan dan sebagainya.

4. Cukupi Kebutuhan Tidur

Tidur yang cukup sesuai kebutuhan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran lebih jernih, memperbaiki mood, dan memberikan energi yang dibutuhkan saat bekerja.

Sepadat apa pun harimu, jangan sampai kita tidak mengistirahatkan tubuhmu di malam hari. Pastikan tidur kita juga berkualitas, dengan meredupkan lampu kamar tidur, jauhi gawai dan pasang aromateraphi.

5. Isi Tangki Cinta dengan Keluarga

Dengan kemajuan teknologi, kini kita bisa menyempatkan diri untuk melakukan video call dengan anak-anak di rumah. Pastikan anak-anak di rumah ada orang dewasa yang mendampingi saat memegang gawai, jangan lupa pasang internet provider di rumah. Cobalah lakukan hal tersebut saat sedang tidak sibuk di kantor, atau di saat sedang beristirahat sejenak. Tentu hal ini dapat membuat semangat kita bertambah kembali untuk bekerja di kantor.

6. Jadwalkan Waktu Untuk Memanjakan Diri dengan Hiburan

Di sela-sela waktu sebagai wanita karis dan ibu rumah tangga karir, sempatkanlah waktu untuk memanjakandiri. Kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat hati senang dengan hiburan.

Hiburan yang didapatkan tidaklah harus mewah dan besar. Dengan memanfaatkan internet saja mereka merasa sudah mendapatkan hiburan untuk mengisi tangki dirinya untuk tetap bersemangat di dalam dan di luar rumah.

Pilihan Paket Hiburan Dari Internet Provider

Bagi yang suka nonton drama atau series dan juga film ataupun layanan streaming, maka wajib memilih berbagai paket hiburan dari IndiHome sebagai internet provider. Layanan paket liburan ini tidak akan membuat kita kesepian saat weekend. Pasalnya ada banyak pilihan layanan dengan harga terjangkau dan layanan internet provider yang jaringannya stabil yang sesuai dengan ragam kebutuhan pelanggan.

PaketInternetdengan Netflix

Kebutuhan pelanggan akan hiburan tentu saja berbeda-beda apalagi untuk kategori series dan juga film. Ada pelanggan yang suka film dan drama horor, ada juga tipe yang cerita romantis. Untuk itu, kamu bisa dapatkan semuanya dengan memilih layanan paket IndiHome dengan akses Netflix.

Kebutuhan pelanggan dengan streaming di Netflix tentu saja semakin meningkat saat ini salah satunya Indonesia. Khususnya masyarakat perkotaan kini cukup banyak berlangganan akses Netflix bulanan. Agar lebih hemat kamu bisa menggabungkan dengan satu paket dari IndiHome.

Melalui paket ini kita bisa nonton film, drama series, TV series sampai Netflix original. Ada pula banyak pilihan channel TV hingga ratusan dan didukung dengan promo bebas telepon sampai ratusan menit.

Paket Internet Dengan Akses Disney + Hotstar

Pilihan paket kedua untuk kebutuhan pelanggan yang ingin menonton banyak acara lewat Disney + hotstar. Lewat paket ini kamu bisa internetan cepat sampai 300 Mbps di banyak ratusan channel TV dengan pilihan berbagai tayangan favorit.

Paket Gamer

Kini games tidak mengenal lagi perbedaan gender. Di antara kita tentu ada yang tidak hanya nonton tapi juga bermain game saat menikmati waktu diri sendiri.. Untuk kamu yang suka bermain game maka rasakan sensasi permainan dengan jaringan internet yang lebih stabil dengan pilihan paket IndiHome Paket Gamer dari Telkom Group.

Kamu tidak hanya akan menemukan internet provider yang stabil dan jaringannya luas tapi kamu bisa seru-seruan main game dengan diskon biaya pasang baru sampai 50% dan berbagai keuntungan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Nah, itu dia beberapa langkah agar merasakan bahagia sebagai Ibu Pekerja. Ayo semangat dalam menjalankan peran yang menantang ini. Semoga kita semua dimudahkan ya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengikat ilmu dan kisah dan tulisan. Seorang Ibu, Fasilitator, Asesor dan Eksportir yang hobi bercerita lewat tulisan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image