Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

Rakernas Di UNIMUDA Sorong Dihadiri 166 Tamu Seluruh Indonesia

Eduaksi | Wednesday, 14 Sep 2022, 09:53 WIB

Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (ALPTK PTMA) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV yang dilaksanakan pada 9 September 2022 di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Kegiatan ini diikuti oleh 166 peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah di Indonesia. Bersamaan dengan dilaksanakannya Masa Ta’aruf Mahasiswa (MATRAS), 1.512 Mahasiswa Baru UNIMUDA Sorong ikut serta dalam acara penyambutan pesrta Rakernas XIV ALPTK PTMA.

Pembukaan Rakernas XIV ALPTK PTMA dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Diktilitbang PP Muhammadiyah, Ketua Asosiasi LPTK, Pembina ALPTK PTMA, Jajaran Rektor dari berbagai PTMA, BPH UNIMUDA Sorong, Rektor UNIMUDA Sorong beserta seluruh sivitas akademika UNIMUDA Sorong dan seluruh peserta dari masing-masing PTMA di Indonesia.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., pada sambutannya mengenalkan bahwa UNIMUDA Sorong yang berdiri dan hadir di Tanah Papua tentunya harus menghidupkan Tanah Papua yang mana diutamakan setiap petugas acara yang bertugas harus Putra/i Papua sebagai salah satu bentuk moderasi. Beliau juga merumuskan pada kegiatan Rakernas ini harus diisi dengan bersenang-senang.

“Bapak/Ibu UNIMUDA Sorong sepeti yang diketahui berdiri dan besar di Papua harusnya dapat menghidupkan Tanah ini, tanah yang indah dan asri ini. Kami mengedepankan moderasi beragama disini meskipun kampus Islam tetapi kami selalu melibatkan anak-anak Papua dalam setiap event. Bapak/Ibu saya harapkan selama kegiatan ini, saya merumuskan harus bersenang-senang, karena saya sendiri selama 51 tahun hidup di tanah ini saya isi dengan bersenang-senang, dan tidak pernah seharipun saya memprogramkan untuk pindah ke tempat lain. Saya ingin membuktikan bahwa dimanapun kita berada kita harus bisa menghidupkan tempat tersebut, dan membangun tempat tersebut.” Tuturnya.

Rustamadji juga menyampaikan bahwa seluruh tim UNIMUDA Sorong dari hari pertama menjemput dan mengantar para tamu hingga hari ini berusaha sebaik mungkin untuk dapat memuliakan seluruh tamu dengan baik.

Pada kesempatan yang sama Ketua Asosiasi LPTK Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum., juga memberikan sambutan dan beliau terkejut pasalnya tidak menaruh ekspektasi yang tinggi kepada UNIMUDA namun, setibanya di UNIMUDA ternyata jauh lebih dari ekspektasinya. “Harus Banyak Belajar dari UNIMUDA” adalah ungkapan yang paling di highlight darinya.

“Secara khusus dan applause mari kita berikan kepada Rektor sejuta kebahagiaan tanpa duka, Dr. Rustamadji, M.Si., bapak/ibu sekalian hari ini kita ada disini hadir di tengah-tengah kampus sejuta satu inovasi salah satu buktinya tadi begitu kita datang disambut oleh 1.512 mahasiswa. Kita harus banyak belajar dari UNIMUDA karena menurut data lulusan SMA/SMK/Sederajat di Kota Sorong ini tidak melebihi 1.000 tetapi mahasiswa baru di UNIMUDA mencapai 1.512 ini luar biasa sekali.” Tutur Harun.

Tak hanya itu bahkan Harun juga meminta untuk mendaftarkan UNIMUDA Sorong ke MURI sebagai nominasi kampus paling Multikultural di Sorong bahkan di Indonesia. Beliau sangat mengapresiasi dan mengaku tidak menyangka justru kampus yang berada di ujung timur ini malah banyak menerima penghargaan dari UniRank, Webometric, UI Green Metric dan bahkan menjadi satu-satunya kampus implementasi MBKM terbaik di wilayah Papua dan Papua Barat, serta menjadi kampus pertama yang terakreditasi di wilayah Papua Barat.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Penasehat Asosiasi Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PTMA, Prof. Sofyan Anif, M.Si., dalam sambutannya beliau mengumumkan bahwa menjelang Muktamar akan diadakan lomba menyanyikan lagu Muktamar yang kemudiam hasilnya akan diumumnya pada malam pembukaan Muktamar.

“ yang pertama saya atas nama penasehat atau pembina merasa bersyukur dan senang, kemarin sudah diawali dengan seminar jurnal kemudian hari ini dilanjutkan dengan Rakernas, kata Rektor UNIMUDA harus dilalui dengan bersenang-senang. UNIMUDA sudah mengawali dengan penyambutan lagu wajib Muktamar. Saya umumkan bahwa nanti ada lomba lagu muktamar utk seluruh PTMA nanti videonya dikirim kepada tim dan akan diumumkan hasilnya pada malam pembukaan Muktamar.” Jelas Sofyan.

Beliau juga menambahkan bahwa sudah sejak lama mengenal UNIMUDA Sorong sejak masih berstatus Sekolah Tinggi hingga menjadi Universitas. Kemudian beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan informasi kebijakan, salah satunya terkait MBKM yang menurutnya lebih menguntungkan bagi kampus Muhammadiyah karena program yang digaungkan dan membuat antar Universitas untuk kerjasama.

Terakhir Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, Dr. Muhammad Syamsudin, menyampaikan

“Ini sebuah kampus yang menurut say ajika ingin mengubah pikiran seseorang itu gak perlu lama-lama ya, cukup ke UNIMUDA saja. Alhamdulillah kita belajar banyak dari kegiatan ini, dan selepas Rakernas ini tentunya semakin banyak tugas dan harus ada perubahan. Pendidikan ini merupakan salah satu pilar yang paling penting dalam dakwah persyarikatan. Kita yang berkecimpung di Muhammadiyah patutnya bersyukur karena dengan adanya Pendidikan ini kita (Muhammadiyah) bisa mengembangkan dakwah dan manfaat bukan hanya bagi umat Muslim tetapi bagi semua orang.” Ungkap Syamsudin.

Syamsudin juga menambahkan bahwa Asosiasi yang paling efektif adalah Asosiasi LPTK PTMA ini karena rutin dilakukan setiap satu tahun sekali, mellaui kegiatan ini juga diharapkan ALPTK PTMA ini selalu mampu menghadirkan berbagai inovasi dan juga invensi pendidikan dalam era komunikasi-komputasi global ini.

Forum yang digalakkan oleh ALPTK PTMA ini merupakan agenda penting, pasalnya adanya revitalisasi luaran tugas akhir bagi ALPTK PTM dengan beberapa tujuan dari kegiatan ini antara lain yakni Mengkoordinasikan arah dan pengembangan strategis kegiatan akademik, pembelajaran, dan kemahasiswaaan pengelola LPTK PTMA dan APS LPTK PTMA; Menghasilkan program-program unggulan magang terintegrasi KKN Dik dan KKN Dik Terintegrasi luar negeri dan DSPAUM melalui program Permata (Pertukaran Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi PTMA); Mengembangkan kerja sama dan kelembagaan strategis LPTK PTMA dan APS LPTK PTMA menuju pembelajaran era industri 4.0, disrupsi, abad 21, literasi, HOTS; Meningkatkan reputasi mutu akreditasi program studi anggota LPTK PTMA melalui LAM DIK dan Lembaga Akreditasi Internasional; Meningkatkan reputasi publikasi, sitasi, dan indeksasi kinerja dosen LPTK PTMA. (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image