Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nami Otrapus

Berkunjung ke Kota Tua Papua Lewat Bandara Kokonao

Wisata | Sunday, 11 Sep 2022, 22:15 WIB

Kokonao merupakan kota tua di Papua. Sebelum adanya ibu kota Mimika, Kokonao lebih dulu terkenal. Kokonao ini dikenal sebagai salah satu pusat peradaban pendidikan di tanah Papua.

Kokonao telah menjadi pusat pendidikan formal di Papua sejak 1928. Anak-anak dari daerah pegunungan di Papua, seperti Paniai, Dogiay, Deiyai, Intan Jaya, dan wilayah pegunungan Mimika, datang ke Kokonao untuk melanjutkan pendidikan formal.

Bandara Kokonao

Kota tua ini memiliki pemandangan alam yang indah. Letaknya di distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Papua. Jaraknya kira-kira 54,40 km dari Timika. Untuk mencapainya bisa menggunakan speedboat dari Mapirujayam Timika. Membutuhkan waktu dua setengah jam lebih menyusuri sungai-sungai yang bercabang dan bermuara ke laut.

Namun bisa juga menggunakan pesawat perintis. Setiap Rabu ada penerbangan perintis dengan Susi Air dari Bandara Mozes Kilangin Timika ke Bandara Kokonao. Rutenya Timika-Kokonao-Timika. Lama penerbangan hanya 15 menit menggunakan pesawat jenis Pilatus.

Runway di Bandara Kokonao.

Bandara Kokonao merupakan bandar udara kelas III yang berada di bawah naungan Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU), Ditjen Perhubungan Udara - Kementerian Perhubungan. Bandara ini mempunyai landasan pacu (runway) 600 m x 18 m.

Adanya Bandara Kokonao ini memudahkan akses kota tua yang berpenduduk sekitar 4.000 jiwa itu dengan daerah lain. (apron.idn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image