Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Diva Putri

Kebutuhan Wanita

Gaya Hidup | Friday, 09 Sep 2022, 15:04 WIB

Saat ini adanya banyak produk kosmetik dipasaran seringkali memubuat kaum wanita sulit untuk menentukan produk mana yang bagus dan aman. Tak sedikit wanita menginginkan hasil yang instan dengan jangka waktu yang singkat tanpa memikirkan efek samping yang kemungkinan terjadi dalam jangka panjang seperti kanker kulit yang kemungkinan akan terjadi.

Mayoritas wanita tidak lepas dari Produk Kosmetik, karena dengan menggunakan kosmetik wanita akan lebih percaya diri khususnya ketika tampil di acara-acara tertentu, seperti menghadiri undangan pesta pernikahan atau ulang tahun, menghadiri rapat kerja dan lain sebagainya. Wanita sangat memerlukan kosmetik pada acara-acara tersebut dan kosmetik bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok bagi wanita.

Tetapi ada sebagian wanita yang lebih memilih dengan kesederhanaanya, yang lebih suka tampil dengan menggunakan kosmetik yang sesederhana mungkin karena mengutamakan kecantikan dari dalam dibandingkan cantik luarnya saja. Intinya cantik luar dalam itu sangat penting, karena cantik dari luar saja belum sempurna kalau dalamnya masih belum baik.

Akan tetapi ada juga sebagian wanita yang sebenarnya ingin seperti kebanyakan orang yang mempunyai wajah glowing tapi enggan untuk menggunakan Skincare karena takut dengan resiko-resiko yang kemungkinan bisa saja terjadi pada kulitnya, mereka lebih senang dengan menggunakan produk kosmetik yang berlabel Halal sebagai landasannya.

Rangkaian produk skincare banyak sekali yang berwara wiri dimedsos yang menjanjikan atau mempraktikan cara kerjanya dengan sekali usap langsung keriput, noda hitam bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan langsung disapu bersih, seketika itu juga wajah berubah menjadi seperti kulit remaja yang halus, kenyal dan glowing cerah merona bahkan kalu ada lalat hinggappun akan terpeleset.

Padahal apa yang ada pada iklan tersebut belum tentu sam dengan kenyataan karena kemungkinan itu Cuma editan semata, jadi kita sebagai wanita milenial jangan gampang termakan oleh iklan karena hanya akan merugikan kita. Karena saya juga salah satu korban yang termakan iklan dimedso. Waktu itu saya melihat salah satu produk skincare yang sangat menjajikan cara kerjanya maka dari itu saya langsung memesannya lewat jasa belanja online.

Setelah saya pakai produk tersebut bukannya kulit yang mulus dan glowing yang saya dapat malah wajah saya beruntusan keci-kecil dan gatal yang tidak bisa sembuh digaruk, pada awal pemakaian saya mengira mungkin ini bagian dari Detox atau Cuma reaksi kerja skincare tersebut. Akan tetapi setelah hampir habis produknya kok malah makin gatal, dan langsung seketika itu juga saya hentikan pemakaiannya.

Dengan pengalaman saya diatas saya berharap jangan terjadi pada wanita lain, karena tidak saja merugikan materi tapi juga merugikan kesehatan. Yuk kita memilih produk kosmetik atau skincare yang lebih teliti jangan hanya melihat harga yang murah tapi merugikan kesehatan, tapi kita juga harus lebih pintar memilih mana skincare yang baik dan sehat.

Dibawah ini beberapa manfaat memakai skincare dan beberapa bahaya memakai skincare abal-abal .

Sebetulnya banyak manfaat menggunakan skincare asalkan bukan skincare abal-abal ya!!

Dibawah ini beberapa manfaat menggunakan skincare :

1. Menjaga kebersihan kulit

2. Memberikan nutrisi untuk kulit wajah

3. Membantu melembutkan kulit

4. Menjaga kulitagar tidak kusam

5. Menjaga kesehatan kulit saat memakai make up

6. Mencerahkan kulit wajah

7. Menghindari munculnya dark spot

Dan dibawah ini beberapa bahaya memakai Skincare Abal-Abal :

1. Hipertrikosis

Hipertrikosis adalah munculnya rambut-rambut halus atau bulu di wajah.

Efek samping itu biasanya disebabkan pemakaian krim pemutih berbahan steroiddalam dosis tinggi serta dalam jangka panjang

2. Menyebabkan kanker kulit

Hal ini dikarenakan bahan berbahayayang terkandung di dalam krim bias menumpuk pada jaringan kulit, merusak jaringan kulit tersebut, dan pada akhirnya bias menimbulkan kanker kulit.

3. Hiperpegmentasi

Meski awalnya kulit terlihat putih dan bersinar, tetapi penggunaan dalam jangka lama justru akan membuat kulit wajah menjadi kusam, menghitam, juga muncul flek-flek hitam.

Selain itu, kulit menjadi iritasi dan timbul komedo sebagai akibat kulit yang stress. Hal itu karena kandungan bahan berbahaya didalam krim, yakni hidrokuinon yang seharusnya penggunaan hidrokuinon hanya boleh digunakan dalam dosis dua persen dan sesuai aturan dokter serta tidak lebih dari enam bulan

4. Jerawat parah

Hal ini karena krim tersebut mengandung silicon, asam lemak (isopropopil isostearate), coconut oil dan lanolin.

Keempat bahan tersebut bersifat komedogenikyang dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan jerawat

5. Alergi, iritasi dan flek hitam

Krim abal-abal juga bias saja mengandung logam berbahaya. Kandungan logam berbahaya tersebut dapat memberikan dampak buruk pada kulit.

Pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan alergi, iritasi bahkan flek hitam yang membandel dan sulit hilang.

Maka dari itu kenali dulu tips untuk memilih skincare:

1. Utamakan terdapat logo HALAL

2. Pastikan skincare sudah terdaftar di BPOM

3. Perhatikan tanggal kadaluarsa

4. Perhatikan komposisi produk

5. Jangan termakan iklan

Jangan lupa untuk selalu memakai sunblock atau tabir surya sebelum melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit wajah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image