Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image imam mahmud

3 Cara yang Tidak Biasa Menghafal Rumus Matematika, Fisika, dan Kimia

Guru Menulis | Friday, 09 Sep 2022, 13:54 WIB
Cara Menghafal Rumus IPA I Sumber: Pexels.com/Karolina Grabowska

Menghafal materi pelajaran yang berhubungan rumu perumusan biasanya ada dalam disiplin Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seperti metematika, fisikia, dan kimia. Meskipun demikian untuk beberapa materi pelajaran geografi dan biologi juga mudah untuk ditemukan.

Oleh karena itulah, sebagai upaya pengingat sekaligus menjadi penulis yang bermanfaat saya akan berusaha untuk membagikan pengalaman menghafal dengan cara yang tidak biasa, artinya masih sangat jarang yang menerapkan meskipun tidaklah rahasia ya.

Menghafal Rumus IPA

Meteri pelajaran IPA yang berhubungan dengan hitung-hitungan bisa dipahami dengan mudah jikalau kita dapat mengingatnya. Khususnya mengingkat saat akan ulangan dan ujian, alasannya dengan langkah ini setidaknya nilai yang dihasilkan nanti bisa lebih maksimal.

Cara Menghafal Rumus Matematika, Fisika, dan Kimia

Tips untuk menghafal materi hituang-hitungan tersebut antara lain;

1. Buat Catatan dan Tempelkan pada Tempat Tertentu

Membuat catatan yang ditulis dengan pena ataupun spidol kemudian menempelakannya pada bagian-bagian tertentu yang sering dilihat tentu bisa kita lakukan. Prihal ini misalnya saja untuk materi matematika yang berhubungan dengan trigonometri.

Kita sebagai pelajar ataupun mahasiswa bisa mengingatnya dengan meletakan tulisan dalam catatan pada lokasi yang biasanya dipergunakan untuk bercermin. Alasannya karena ketika bercermin seolah-olah bisa dengan mudah kita dapat mengingat melalui catatan-catatan kecil tersebut.

2. Banyak Mengherjakan Soal yang Berhubungan dengan Hitungan

Sejatinya dalam urusan menghafal materi yang berhubungan dengan hitungan tidak bisa dilakukan hanya sekilas saja, alasannya karena kita butuh menerapkannya dalam soal-soal ujian sehingga atas dasar itulah setidaknya untuk kalian yang mau menghafal ialah dengan banyak mengerjakan soal-soal pelajaran.

Untuk soal-soal tersebut dapat membantu kita untuk kemudian memahaminya, dengan pemahaman yang jelas dan tepat tentu ketika akan ujian kita mudah untuk mengingat.

3. Membaca Pelajaran Ketika Akan Tidur dan Setelah Tidur

Teknik lainnya yang bisa dilakukan untuk menghafal materi saat ujian dengan berhubungan pada pelajaran metematika, fisika, dan kimia tentu bisa dengan membacanya sekilas.

Utamanya bisa dilakukan ketika akan menjelang tidur dan akan tidur, prihal ini setidaknya dibutuhkan komitmen untuk bisa dijalankan secara konsisten.

Itulah saja artikel yang bisa saya bagikan pada teman-teman yang masih sekolah terkait dengan cara untuk menghafal rumus matematika, fisika, dan kimia. Semoga saja bisa membantu ya, silahkan untuk mencobanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image