Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

Penayangan Film Cita-citaku Setinggi Balon di Umsida

Info Terkini | Thursday, 08 Sep 2022, 10:47 WIB

Menyambut dan memeriahkan Muktamar ke-48, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) di Auditorium Umsida, Rabu (7/9). Umsida ditunjuk oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai penyelenggara pemutaran film berjudul Cita-Citaku Setinggi Balon.

Peserta yang hadir dalam kegiatan nonton bareng ini adalah MA dan SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Sidoarjo, SMP dan MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Sidoarjo, dan SD dan MI Muhammadiyah se-Kabupaten Sidoarjo. Dicanangkan kegiatan ini berlangsung selama 4 hari berturut-turut sejak 7 September hingga 10 September 2022. Tidak hanya digelar di Umsida, pemutaran film juga dilakukan di Aula PCM Sepanjang (Masjid Al-Manar Taman) dan Perguruan Muhammadiyah Boarding School (MBS) Porong.

Menanggapi hal ini, kepada jurnalis Umsida Wakil Rektor 3 Umsida Eko Hardiansyah MPsi Psikolog mengatakan kegiatan nobar seperti ini memiliki tiga value positive. Pertama, syiar dan image, serta kegiatan berkumpul bersama antar pelajar Muhammadiyah bisa memberikan pemahaman kepada generasi Muhammadiyah bahwa sekolah/madrasah Muhammadiyah banyak dan besar. “Ini bisa membangun kebanggaan bersama pelajar sekolah/ madrasah Muhammadiyah dengan institusi pendidikan Muhammadiyah,” tuturnya.

Kedua, membangun silaturahmi dan kebersamaan untuk meningkatkan relasi sosial anak. “Mungkin tidak banyak yang saling kenal satu sama lain, namun paling tidak akan membangun daya adaptasi pelajar Muhammadiyah saat bersama dengan orang-orang baru dan mengembangkan sense of belonging sebagai warga Muhamamadiyah,” ujarnya.

Ketiga, menumbuhkan pendidikan karakter terhadap para pelajar. Menurut Eko Hardiansyah, film karya LSBO ini mengandung nilai-nilai pengembangan karakater. Ia mengungkapkan, karakter tokoh pada film Cita-Citaku Setinggi Balon menampilkan penggambaran karakter kuat sopan santun, welas asih, tangguh, kreatif, rajin belajar, dan sederhana dari pemeran utama seperti Ruri, Seno, dan Abit.

“Karena itu, kegiatan nobar film produk LSBO secara bersama-sama seperti ini perlu untuk dilakukan terus di kemudian hari, tentunya untuk menunjang pelaksanaan pendidikan karakter dan kader Muhammadiyah di lembaga pendidikan Muhammadiyah,” imbuhnya.

Di masa pandemi Covid-19 LSBO PP Muhammadiyah tetap memproduksi film yang menginspirasi. Film tersebut berjudul Cita-citaku Setinggi Balon yang bekerja sama dengan Nasyiyatul Aisyiyah dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Film yang diproduksi tahun 2021 ini menyentuh relung anak-anak untuk tetap bercita-cita, berusaha, dan berujung do’a.

*Humas Umsida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image