Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LAPAS PAGARALAM

Kunjungan Kakanwil Sumsel di Lapas Pagar Alam

Info Terkini | Tuesday, 06 Sep 2022, 17:58 WIB
Kunjungan Kakanwil Sumsel di Lapas Pagar Alam

Pagar Alam – Kepala Lapas Kelas III Pagar Alam Kanwil Kemenkumham Sumsel, Jalaluddin menyambut kedatangan Kakanwil Sumsel, Harun Sulianto di Lapas Pagar Alam. Kunjungan Kakanwil Sumsel di Lapas Pagar Alam ini dalam rangka menyampaikan Penguatan Tugas, Pokok dan Fungsi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Selasa (06/09/22).

Sebelum memberikan arahannya kepada seluruh petugas, Kakanwil didampingi Kalapas serta Pejabat lainnya menyempatkan diri untuk monitoring keadaan di lingkungan Lapas Pagar Alam. Dalam monitoring ini Kakanwil berkesempatan untuk melihat kolam lele Lapas Pagar Alam, kolam lele ini sendiri merupakan sarana asimilasi dan edukasi (SAE) bagi WBP Lapas Pagar Alam. Kemudian monitoring dilanjutkan dengan meninjau keadaan dapur.

Kakanwil Saat Melihat Kolam Lele

Kegiatan penyampaian tugas dan fungsi ini diawali dengan sambutan dari Kalapas Pagar Alam, Jalaluddin dalam pembukaannya belau menyampaikan sebuah pantun “Ke pasar, Beli Pisang Kepok. Beli Rujak, Lupa Bawa Uang. Walaupun Pagar Alam Jalannya Kelak Kelok. Tetapi Sekali Datang, Rasanya Tidak Mau Pulang,” ujarnya.

“Lapas pagar alam ini, memiliki pegawai sejumlah 49 orang, tanggal 1 September tadi, baru ada 1 komandan jaga yang Purna Bhakti. Lapas pagar alam, terdiri dari 4 subsi, yaitu admisi dan orientasi, terdiri dari 1 kasubsi dan 4 orang staf. subsi pembinaan, terdiri dari 1 orang kasubsi dan 8 orang staf. subsi kemanan dan ketertiban terdiri dari 1 kasubsi, 4 orang staf, 4 orang komandan jaga dan 16 orang penjagaan. saat ini Lapas pagar alam memiliki 2 orang tenaga kesehatan yaitu perawat, untuk dokter Lapas pagar alam belum ada. Jumlah narapidana di Lapas pagar alam sejumlah 160 orang dan tahanan sejumlah 24 orang, sehingga total wbp di Lapas pagar alam ini sejumlah 184 orang dengan kapasitas huni 80 orang,” kata Kalapas saat menyampaikan profil Lapas Pagar Alam.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan arahan dari Bapak Kakanwil kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto dalam arahannya beliau menyampaikan kepada seluruh petugas agar membangun citra yang baik pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di tempatnya bekerja.

"Jangan bangun citra yang buruk pada lapas, lakukan berbagai inovasi-inovasi yang baik sebagai bentuk kontribusi positif pada Lapas. Tugas kita adalah agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) memperbaiki diri sehingga jadi warga yang baik dan produktif selama dan setelah menjalani pidananya,” kata Kakanwil.

Dalam paparannya Kakanwil menyampaikan atensi kepada seluruh Petugas Lapas Pagar Alam agar jangan ada napi/tahanan melarikan diri dan meninggal tidak wajar, tegakan sop dalam pelaksanaan tugas, kedepankan HAM jangan ada kekerasan, jangan ada diskriminasi layanan, jangan ada pegawai yang memasukkan hp ilegal, jangan ada pegawai terlibat peredaran narkoba (diberhentikan) dan jangan ada pegawai yang berhubungan keuangan dengan narapidana.

Kakanwil Sumsel, Harun Sulianto juga mengingatkan kepada seluruh petugas untuk mengantisipasi setiap gangguan yang ada dengan berbagai cara di antaranya : Lakukan pencegahan kebakaran dan lakukan deteksi dini gangguan kamtib lainnya, Koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH), Segera laporkan bila ada kejadian, terutama yang menyangkut WBP dan Lakukan pencegahan peredaran HP, narkotika, pungli dan kedepankan HAM.

Setelah melakukan penguatan tugas, pokok dan fungsi di Lapas Pagar Alam kemudian Kakanwil melanjutkan lawatannya ke Kantor Pemkot Pagar Alam untuk melakukan audiensi dengan Walikota Pagar Alam namun, pada kesempatan kali ini berhalangan hadir untuk melakukan audiensi dan diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Pagar Alam.

Kakanwil Saat Menyampaikan Arahan

#Kemenkumham

#KemenkumhamSumsel

#LapasPagarAlam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image