Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

DPKP Tambah lima Dokter Hewan dan tiga Paramedik Perkuat Pelayanan Puskeswan Pandeglang

Eduaksi | Sunday, 04 Sep 2022, 00:00 WIB
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Menambah 8 Tenaga Kesehatan Hewan untuk Perkuat Pelayanan Puskeswan Pandeglang

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang menambah sumberdaya manusia (SDM) tenaga teknis untuk UPT Puskeswan Pandeglang sebanyak delapan orang terdiri lima dokter hewan dan tiga paramedic veteriner.

Penambahan tenaga teknis pelayanan kesehatan hewan tersebut dalam rangka memperkuat pelayanan kesehatan hewan di Kabupaten Pandeglang khususnya untuk penguatan kualitas jaringan pelayanan kesehatan hewan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.

Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP.,MBA.,MP mengatakan tugas utama Puskeswan adalah sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan hewan yang strategis dalam mendukung pengembangan peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Pandeglang.

“Sesuai arahan Bupati Pandeglang, harus ada pemerataan pelayanan kesehatan hewan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang sebanyak 35 kecamatan dengan cara mendekatkan pelayanan Puskeswan dengan peternak maupun dengan pemilik hewan peliharaan,” ujar Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP.,MBA.,MP usai menyerahkan surat tugas kepada 30 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Kamis (1/9/2022).

Jadwal Pelayanan Dokter Hewan Keliling di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung adalah Hari Senin dan Jumat

Diketahui, berdasarkan surat tugas yang diterbitkan Kepala DPKP Kabupaten Pandeglang tertanggal 1 September 2022, dari 30 CPNS di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, sebanyak 8 tenaga kesehatan hewan diantaranya mendapat penempatan tugas di Puskeswan Pembantu Cibaliung sebanyak tiga orang terdiri dari dua dokter hewan dan seorang paramedik veteriner, penempatan tugas di Puskeswan Pembantu Labuan masing-masing seorang dokter hewan dan paramedik veteriner, penempatan tugas di Puskeswan Pembantu Menes masing-masing seorang dokter hewan dan paramedik veteriner serta seorang dokter hewan ditempatkan di UPT Puskeswan Pandeglang.

Jadwal Pelayanan Dokter Hewan Keliling di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Labuan adalah Hari Selasa dan Jumat

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang mengatakan, Puskeswan merupakan pusat kesehatan hewan yang berfungsi memberikan pelayanan di bidang kesehatan hewan, meliputi konsultasi mengenai kesehatan hewan, pemeriksaan hewan, pengobatan dan pencegahan penyakit hewan maupun vaksinasi. Adapun metode pelayanan Puskeswan yang diterapkan selama ini yakni pelayanan pasif, pelayanan semi aktif dan pelayanan aktif kepada masyarakat.

“Ada dua cara pelayanan yang diberikan Puskeswan yaitu pelayanan dalam gedung Puskeswan (pelayanan pasif red.) dan pelayanan luar gedung yaitu pelayanan Dokter Hewan keliling (pelayanan aktif dan semi aktif red.),” ujarnya.

Ade menjelaskan, pelayanan pasif adalah pelayanan yang dilakukan dimana pemilik hewan membawa hewan ke Puskeswan. Pelayanan semi aktif adalah pelayanan yang dilakukan oleh petugas dengan cara mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan dari pemilik hewan. Sedangkan pelayanan aktif adalah pelayanan yang dilakukan oleh Petugas Kesehatan Hewan di tempat atau lokasi kelompok ternak sekaligus melakukan pembinaan kepada para peternak.

Jadwal Pelayanan Dokter Hewan Keliling di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Menes adalah Hari Senin dan Kamis

Ade mengungkapkan, saat ini UPT Puskeswan Pandeglang memiliki tiga jaringan pelayanan kesehatan hewan berupa Puskeswan Pembantu di Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung.

Wilayah Kerja Puskeswan Pembantu Menes meliputi Kecamatan Menes, Cikedal, Cisata, Bojong, Picung, Mandalawangi, Pulosari dan Kecamatan Jiput Wilayah Kerja Puskeswan Pembantu Labuan meliputi Kecamatan Labuan, Carita, Panimbang, Sobang, Cigeulis, Sukaresmi, Patia, dan Kecamatan Pagelaran Wilayah Kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung meliputi Kecamatan Cibaliung, Cibitung, Cimanggu, Sumur, Cikeusik, Munjul, Angsana dan Sindangresmi

Petugas Medis dan Paramedik veteriner yang ditugaskan memberikan pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pembantu Menes adalah Drh. Yuyun Fathonah HP 0857-7288-8434 (WhatsApp), Dini Nurmala Sari, A.md HP 0896-0291-5482 (WhatsApp)

Petugas Medis dan Paramedik veteriner yang ditugaskan memberikan pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pembantu Labuan adalah Drh. Noura Ahraeny HP 0821-2326-4678 (WhatsApp), Dea Tastiara A.md HP 085216403095 (WhatsApp)

Petugas Medis dan Paramedik veteriner yang ditugaskan memberikan pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pembantu Cibaliung adalah Drh. Ike Yuniarni HP. 0858-9117-3039 (WhatsApp), Drh. Binarta HP. 0878-7444-1565 (WhastApp), Een Nuraeni, S.Pt HP. 0812-1162-5120 (WhatsApp), Aden Jamaksari, S.Pt HP. 0857-7073-6444 (WhatsApp)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image