Dukung Program Ketahanan Pangan, Dandim dan Bupati Lakukan Penanaman Serentak

Image
Anang Fauzi
Info Terkini | Saturday, 03 Sep 2022, 20:24 WIB

Murung Raya - Komandan Kodim (Dandim) 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko melaksanakan penanaman komoditas jagung serentak di wilayah Kab. Murung Raya yang merupakan salah satu program Korem 102/Panju Panjung. Penanaman perdana komoditas jagung bertempat di Lahan Kelompok Tani Bina Usaha Rt. 03 Desa Danau Usung Jl. Bhayangkara Km 2, Kabupaten Murung Raya. Sabtu (03-09-2022).

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph, M.A, Ketua DPRD Murung Raya Doni, Sp.M.Si, Kapolres Murung Raya AKBP I Gede Putu Widyana, S.H.,S.I.K.,M.H, Kejaksaan Murung Raya diwakili Kozar Kertyasa, Pabung Kodim 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo, Anggota DPRD Murung Raya Heriyus, SE, Pasi Ops Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Trio Pramono, Pasi Ter Kodim 1013 Lettu Inf M. Sahroni, Danramil 1013-07/Murung Letda Arh Supriyana, Danramil 1013-08/ Laung Tuhup Letda Czi Slamet Waluyo, Danramil 1013-12/Tanah Siang Selatan Serma Mahfud, Kapolsek Murung Ipda Widodo, Kadis PUPR Paulus karya manginte, ST.,MT, Kadis Pertanian dan Perikanan Ir. Pujo Sarwono, Kadis Ketahanan Pangan M.Syahrial Pasaribu, S.Sos.,M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ferdinand Wijaya, S.Pt.,M.AP, Kadis Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Drs. Bimo Santoso, M.AP, Kadis Kesehatan dr. Surya Siri, Kepala Desa Danau Usung Rahmad, Babinsa Kodim 1013/Mtw Jajaran Murung Raya, Masyarakat Desa Danau Usung, Kelompok Tani Bina Usaha Desa Danau Usung, Perwakilan Pihak Bank BPD Murung Raya.

Dalam sambutannya, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko memberikan penghargaan yang setingi tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya dan Perangkat Desa Danau Usung yang telah mendukung kegiatan tanam jagung serentak ini demi keberhasilan ketahanan pangan diwilayah Kab. Murung Raya.

Diungkapkan Dandim, kegiatan yang dilaksanakan pagi ini merupakan langkah awal dari program ketahangan pangan 100 Ha di Kab. Murung Raya dan 100 Ha di Kab. Barito Utara yang digagas oleh Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M. sebagai tindak lanjut dari instruksi bapak Presiden RI secara berjenjang sampai dengan Kodim jajaran TNI AD untuk memanfaatkan potensi wilayah sebagai lumbung pangan yang dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat lokal khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Oleh karena itu, program ketahanan pangan 100 Ha di wilayah Kab. Murung Raya dan Kab. Barito Utara merupakan respon pemerintah Republik Indonesia, dalam rangka antisipasi terjadinya krisis pangan dan krisis energi akibat terjadinya perang rusia dan ukraina.

Lebih jauh dijelaskan Dandim. Sama-sama kita ketehui, kedua negara yang sedang berseteru ini merupakan penyumbang terbesar kebutuhan pangan dan energi dunia, kelangkaan sumber pangan dan energi dunia pelan tapi pasti akan berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Ungkap Dandim 1013/Mtw.

"Maka dari itu kami harapkan untuk para pendamping pertanian untuk mengajak masyarakatnya selalu memanfaatkan lahan kosong yang ada di wilayah sehingga kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Murung Raya,"Harap Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko.

Mengakhiri sambutannya, Dandim 1013/mtw Letkol Inf Edi Purwoko mengucapkan terima kasih semoga kegiatan ini menjadi keberkahan tersendiri bagi Kodim 1013/Mtw dan masyarakat Desa Danau Usung dalam hal pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19. "Rakyat adalah ibu kandung TNI,TNI AD ada karena rakyat, TNI bekerja untuk rakyat dan bersama rakyat TNI kuat " Tutup Dandim.

Dalam kesempatan itu, Bupati Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph, M.A atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada Komandan Kodim 1013/Mtw dan jajarannya yang melaksanakan kegiatan tanam jagung serentak ini. Kegiatan ini, sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera dan bermartabat.

Bupati juga berharap kegiatan tanam jagung serentak ini diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Murung Raya serta memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan terlantar/kosong untuk ditanami jagung.

Lanjut Bupati, pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kelangsungan hidup manusia yang harus dipenuhi setiap saat, tersedianya pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi, dengan termanfaatkannya lahan kosong yang tidak terpakai milik masyarakat maka secara tidak langsung mampu mendukung ketersediaan dan cadangan pangan serta ketahanan pangan di Kabupaten Murung Raya.

Makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat tidak tergantung hanya pada beras saja, tetapi juga kita mendorong penganekaragaman pangan lokal, seperti singkong, jagung, pisang, ubi jalar dan lain lain." Tutup Bupati Murung Raya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jurnlis di Sylva TV dan Sejumlah Media Online, Webiste Publisher, Travel Vlogger, Blogger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image