Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bang Penthol

Ditahun 2022 Kimin Tanoto Optimis Kinerja Industri Baja Akan Meningkat

Bisnis | Saturday, 03 Sep 2022, 14:33 WIB

Jakarta - Kimin Tanoto pengusaha sukses yang dilahirkan 47 tahun lalu.Pria lulusan Cornell University di Amerika Serikat itu mulai berkiprah di industri dari tahun 1995.Pilihan sedari awal adalah pada bidang industri baja. Sebuah industri yang berperan penting bagi perekonomian negara Indonesia.

Kimin Tanoto selaku Wakil Ketua Indonesian Iron and Steel Industry Association optimis kinerja industri baja ditahun 2022 terus meningkat. “Banyak faktor turut mempengaruhi. Mulai dari pertumbuhan ekonomi dunia hingga rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.” tutut Kimin.

Kimin selain Wakil Ketua IISIA juga sebagai Komisaris PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP). Kimin menyatakan prediksi Internasional Monetary Fund (IMF) bahwa ekonomi indonesia tumbuh ke angka 5,9 persen akan menjadi dampak positif.Terlebih lagi pertumbuhan ekonomi indonesia melampaui pertumbuhan ekonomi dunia, yaitu 4,9 persen.“Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini akan terjadi pada semua semua sektor. Terutama untuk konstruksi dan manufaktur yang merupakan pangsa pasar baja perusahaan,” ungkapnya.

Rencana pemerintah Tiongkok memangkas produksi baja, kegiatan ekspor dan penutuhan sementara pabrik baja ditengah harga energi yang meningkat. Serta Bea Masuk yang diangka 10,5-12,5 persen terhadap baja impor menjadi faktor lain yang memantapkan optimisme Kimin.

Kimin juga mengatakan bahwa rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan menjadi hal yang mendorong pertumbuhan kinerja industri baja nasional.“Apalagi, Pemerintah saat ini sudah menyiapkan anggaran Rp 510,79 Miliar untuk pemindahan tersebut. Bahkan, DPR juga tengah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pemindahan IKN,” ucapnya.

Untuk itu Kimin berharap agar industri baja didalam negeri tidak kehilangan momentumnya. Dalam hal ini, industri baja harus mempersiapkan sebaik mungkin untuk memacu kinerja pada tahun 2022. “Ini peluang bagi industri baja. Kita harus tunjukkan kinerja terbaik,” ungkap Kimin.

Kimin mengungkapkan GRP menargetkan pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 50-70 persen pada tahun ini.“Dari sisi laba, GRP optimistis peningkatan pendapatan akan berimbas kepada kenaikan laba yang juga lebih besar,” tutur kimin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image