Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bang Penthol

Pembuatan Baja Gunung Raja Paksi

Teknologi | Saturday, 10 Sep 2022, 17:08 WIB

Gunung Raja Paksi mempunyai fasilitas produksi lengkap dan terpadu untuk menghasilkan baja dengan kualitas yang mampu memenuhi berbagai jenis baja.

Dengan sistem terintegrasi, GRP mampu mengolah baja dari bentuknya yang mentah menjadi produk jadi dan siap digunakan di berbagai proyek pembangunan dan konstruksi. Semua proses yang dilakukan melalui serangkaian langkah sebagai berikut:

1. Pengumpulan besi tua atau besi tua bekas dan bijih besi sebagai proses awal. Kualitas besi tua menjadi penilaian utama saat tiba di pabrik. Besi tua yang telah dinilai akan dikelompokkan sehingga siap untuk masuk proses peleburan.

2. Langkah selanjutnya adalah proses peleburan, besi tua dan bijih besi dilelehkan dengan menggunakan Electric Arc Furnace. Mengisi besi tua dengan aliran listrik dan mengubahnya menjadi logam cair. Pada tahap yang sama, untuk memastikan kualitas yang memenuhi standar, maka elemen mentah seperti belerang, fosfor dan elemen karbon dibuang. sementara elemen paduan ditambahkan untuk mendapatkan komposisi kimia yang tepat sesuai standar produksi.

3. Setelah komposisi kimia yang tepat sesuai standar diperoleh. Maka baja cair kemudian dimasukkan melalui mesin pengecoran kontinyu ke dalam Billet, Bloom, Beam Blank, dan Slabs.

4. Pada proses akhir, produk setengah jadi dikirim ke pabrik finishing. Dimana akan dipanaskan kembali sampai suhu sekitar ± 1400 C. Kemudian di bentuk menjadi dimensi yang diinginkan hingga proses akhir produksi.

5. Semua produk jadi kemudian diperiksa pada proses Quality Control. Hal ini dilakukan untuk menemukan produk baja GRP yang berkualitas sesuai dengan standar internasional. Setiap material yang telah melewati proses quality control lalu disimpan di gudang. Setelah itu siap untuk didistribusikan dan digunakan di setiap bangunan dan proyek konstruksi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image