Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

Program SMK-PK Merauke Didampingi oleh Unimuda

Eduaksi | Saturday, 03 Sep 2022, 09:08 WIB

Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong berkunjung ke Merauke (30/8/22) dalam rangka Pendampingan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di SMK N 4 Kehutanan dan Perkebunan Merauke. Kunjungan ini diikuti dengan para dosen pendamping yang terlibat.

Program SMK PK adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud yang diselenggarakan sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tahun ini menjadi yang kedua kalinya bagi UNIMUDA Sorong diberi kepercayaan sebagai pendamping pada program ini.

SMK N 4 Kehutanan dan Perkebunan Merauke merupakan salah satu sekolah yang akan didampingi oleh UNIMUDA Sorong dalam program pendampingan ini. Bidang kompetensi yang menjadi fokus tim pendamping UNIMUDA Sorong di SMK tersebut yakni Agribisnis Tanaman Pangan dan Hultikultura (ATPH).

Menempuh perjalanan hingga 2 jam dari kota ke Kumbe, Rektor UNIMUDA Sorong disambut dengan ungkapan bangga dan terimakasih atas waktu dan tenaga dalam mendapingi SMK N 4 Kehutanan dan Perkebunan Merauke yang disampaikan oleh Kepala sekolah SMK tersebut, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala Sekolahnya.

“Walaupun bapak rektor bersama para pendamping harus menempuh perjalanan dari kota ke Kumbe, kurang lebih memakan waktu 2 jam melewati jalan jalan yang penuh tantangan, namun semangat pelayanan inilah maka bapak rektor bersama para pendamping jauh-jauh dari sorong bisa sampai di SMK ini. Kami turut berbangga dan berterimakasih yang sebanyak-banyaknya atas waktu dan tenaga yang sudah diluangkan untuk mendampingi kami di sekolah ini” ungkapnya.

Sementara itu, Sitti Hadija Samual, S.P., M.Si. selaku dosen Program Studi Agribisnis sebagai salah satu pendamping menerangkan bahwa pendampingan ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Kuota pendampingan dilakukan sebanyak 6 kali dari bulan Agustus hingga November, kemudian membuat laporan pada bulan Desember.

Progam pendampingan SMK PK ini dimulai dengan perencanaan dan sosialisasi program; implementasi kurikulum; link and match untuk sinkron kurikulum dengan dunia kerja; pengembangan pelajaran berbasis projek; dan pelaksanaan pembelajaran bersama DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri); serta pelaksanaan magang bersertifikat bagi guru. “kalau sudah ada produknya itu kita penguatan kewirausahaan, jadi produknya tidak di tempat saja, harus ada keberlanjutan,” tambah Sitti Hadija.

Lebih lanjut, Eva Mayasari, S.TP, M.Si. yang juga merupakan dosen pendamping di SMK tersebut menyebutkan terdapat pelaksanaan FGD (Focus Group Discussion) antara pendamping dengan pihak SMK N 4 Kehutanan dan Perkebunan Merauke. Hasil dari diskusi tersebut diketahui bahwa SMK N 4 ini membutuhkan pendampingan dalam hal pemasaran dan pengolahan bahan hasil pertanian.

“Selain menyampaikan program dari kementerian yang link and match industry, TEFA (Teaching Factory), sama sosialisasi program SMK PK, kita juga melakukan FGD sesuai dengan kebutuhan sekolah. kemarin itu sekolahnya butuh pendampingan mengenai pemasaran sama pengolahan bahan hasil pertanian. Jadi, nanti akan ada FGD lebih lanjut dan pendampingan terkait hal itu” Ucap Eva.

Eva menambahkan mengenai pesan Rektor UNIMUDA Sorong kepada pendamping bahwa kampus harus memberikan nilai tambah bagi SMK yang berada dalam pendampingan UNIMUDA Sorong sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi mereka.

“Pak Rektor bilang kampus itu harus memberikan nilai tambah bagi SMK jangan sampai menyusahikan mereka. Jadi kalau kita datang ke sana kita harus memberikan sesuatu untuk mereka nilai lebih untuk mereka sehingga nanti kita berkesan bagi mereka” ujarnya.

Adapun terkait dampak dari program ini, Eva juga mengatakan pendampingan ini menjadi bentuk pengabdian dosen di SMK N 4 Kehutanan dan Perkebunan Merauke dan rekognisi dari pemerintah yang bermanfaat untuk akreditasi kelak. (nw~)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image