Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Giyoto

Launching Mars SD Negeri Lempuyangan 1 Bertepatan dengan Hari Keistimewaan DIY

Guru Menulis | Thursday, 01 Sep 2022, 11:38 WIB

Yogya(31/08). Gempita peringatan Sepuluh Tahun Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta ditampilkan Keluarga Besar SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta. Sekolah yang beralamat di Jalan Tukangan No 6 tersebut, menggelar beraneka kegiatan. Berdasarkan rundown acara yang telah disusun panitia, terdapat sederet acara. Acara tersebut adalah upacara dengan Gagrag Ngayogyakarto, pengumuman hasil lomba HUT Ke-77 RI, Senam Pelajar Pancasila, Flash mob Jogja Istimewa, Launching Mars SD Negeri Lempuyangan 1, Gerakan Makan Sayur Bersama, Lempuyangan Fashion Show, dan Kreasi "No Backpack Day".

Kegiatan diawali dengan upacara bendera dengan menggunakan bahasa Jawa yang dilakukan semua petugas. Pemakaian bahasa Jawa dalam upacara sekaligus mengenalkan budaya Jawa kepada siswa. Meskipun hanya berlatih dalam waktu singkat, para petugas tampak luwes dan berbahasa dengan baik dan benar. Uniknya lagi, petugas upacara hari itu semua dilakukan oleh bapak/ibu guru dan karyawan SD N Lempuyangan 1.

Giyoto, S. Pd. M. Pd. selaku Kepala Sekolah dalam amanatnya menggunakan bahasa Jawa menyampaikan pentingnya kita memaknai Keistimewaan DIY dengan berkarya nyata, mengisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan mendukung pembangunan pendidikan di Yogyakarta. Ia juga memberikan nasihat kepada para siswa agar meneladani para petugas upacara saat itu. Pasalnya para petugas telah menampilkan kerja keras dan kerja cerdasnya dalam mengemban tugas upacara. Satu per satu petugas diberikan apresiasi dan bisa dijadikan contoh dalam bertugas.

Pada kesempatan yang sama, Hj. Kupiyosari, S. Pd. , selaku Pengawas SD Kemantren Danurejan berkenan hadir mengikuti upacara hingga selesai. Dalam sambutannya, Pengawas dengan segudang prestasi ini menyempatkan berinteraksi dengan siswa dan guru. Beliau juga melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar Keistimewaan DIY dan memberikan doorprize kepada dua siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar.

Kepala Sekolah memandang perlu sekolah mempunyai lagu mars. Lagu mars bagi sebuah lembaga dapat dijadikan motivasi untuk berkembang sekaligus sebagai ciri dan identitas sekolah. Lirik dan lagu diciptakan oleh Primitiva Rindi Febria Mentari yang sehari-hari bertugas mendampingi siswa Kelas 5B. Guru yang akrab dipanggil Bu Rindi tersebut menyusun lirik dan lagu Mars SD Negeri Lempuyangan 1 selama kurang lebih satu bulan. Sebagai penanda dan penggebrak semangat, mars tersebut di-launching bertepatan dengan Peringatan Hari Keistimewaan DIY.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image