Mengenal dan Memulai Karir Sebagai Corporate Marketer

Image
Mikail Hafiz
Eduaksi | Monday, 29 Nov 2021, 14:58 WIB
Webinar Kick Start Your Careeer as a Corporate Marketer

Marketing, khususnya profesi digital marketing, menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati kaum milenial dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih lagi, di era digital seperti saat ini strategi pemasaran digital menjadi salah satu aspek terpenting untuk memasuki dan bersaing di pasar digital. Memanfaatkan kondisi tersebut, Indonesian Marketing Association Subchapter Telkom University (IMA SC Tel-U) bekerja sama dengan beberapa perusahaan profesional, termasuk HashMicro, mengadakan acara berbasis virtual berupa kelas marketing untuk membantu generasi muda memulai karir di bidang pemasaran.

Diawali dengan pembukaan sambutan oleh pembina dari IMA SC, acara yang bertajuk “Kick Start Your Career as a Corporate Marketer” ini diawali dengan materi "Build Your Career Path in Marketing Industry" yang dibawakan oleh Digital Marketing Manager HashMicro, Victo Glend. Selain HashMicro, PT Nutrifood Indonesia juga hadir sebagai pembicara 2.

Pada materi pembuka tersebut, Victo Glend berpendapat bahwa profesi digital marketer merupakan salah satu pekerjaan yang tidak terpengaruh secara langsung oleh masalah perekonomian negara. Menurut Glend, Anda dapat mempromosikan produk Anda kepada orang yang tepat, juga pada waktu yang tepat dalam situasi apa pun. Misalnya, saat Indonesia dilanda badai pandemi COVID-19 untuk pertama kalinya.

Pada saat itu, HashMicro awalnya tidak menerapkan strategi pemasaran digital yang efisien, rata-rata pengunjung situs web hanya di bawah 250 orang per hari. Namun meski dalam situasi pandemi COVID-19, Victo Glend tetap mampu meningkatkan jumlah pengunjung menjadi 1000 dalam dua minggu. Berkat strategi digital marketing yang baik juga, pengunjung harian HashMicro kini bahkan telah mencapai lebih dari 7.000 pengunjung per hari.

Berbicara mengenai sektor pemasaran, pada umumnya kita mengetahui bahwa marketing hanya memiliki satu jenis pekerjaan, yakni memasarkan produk saja. Namun, menurut Victo Glend menjelaskan, bahwa sebenarnya ada berbagai jenis jobdesk di marketing berdasarkan kelompoknya masing-masing. Seperti SEO Specialist, Content Writer, Social Media Specialist, dan masih banyak lagi.

Bekerja di berbagai sektor pekerjaan bukan berarti kita hanya paham sebatas teori saja, tetapi juga pengalaman serta skill yang dimiliki dalam dunia bisnis. Setiap orang memiliki keterampilan yang berbeda-beda, oleh karena itu audiens diharapkan memiliki skill set untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas mereka sebelum memasuki dunia kerja.

Victo Glend juga memberikan tips ketika kita ingin memulai kehidupan sebagai seorang profesional. Seperti halnya menerapkan mindset mengenai apa yang ingin kita capai dan apa yang bisa kita bawa ke perusahaan. Selain itu, materi ini juga memberikan gambaran tentang prospek karir sebagai corporate marketer. Tujuannya, agar audiens dapat mengetahui skill apa saja yang harus dipersiapkan, dan sudah sejauh mana ia mencapainya.

Selain memberikan tips dalam memulai pekerjaan, Victo Glend juga memberikan tips saat sesi wawancara kerja dengan perusahaan. Ia berharap, para peserta di kelas virtual ini mendapatkan banyak ilmu yang bisa diimplementasikan. Ia juga berpesan kepada generasi muda bahwa mencari pekerjaan itu tidak sulit, tapi kembali lagi kepada kita sendiri. Apakah mumpuni atau tidak.

Materi ini ditutup dengan langkah atau strategi yang harus dilakukan ketika ingin bekerjasama dalam bidang pemasaran. Kesimpulan dari acara ini adalah Anda harus mengenal lebih dalam dunia marketing sebelum Anda Benar-benar terjun pada pekerjaan tersebut. Sehingga, Anda memiliki bekal yang lebih karena skill dapat berpengaruh besar saat program seleksi masuk ke dunia kerja.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Download WhatsApp Aero Apk Versi Terbaru 2022

Image

Bersabar Menurut Perspektif Islam

Image

Cara Memilih Baju Couple Yang Pas Untuk Pasangan

Image

MP3 Juice : Pilihan Terbaik Download Lagu dari Youtube berformat MP3 !

Image

Sinopsis Bittersweet Marriage by Adellelia

Image

Kajian Asrama Al Uswah MAN 1 Sleman, Membangun Ekosistem dan Jaringan Kehidupan yang Harmoni

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image