Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Feri Anugrah

Humanistik UM Bandung Sukses Gelar LKBB se-Jawa Barat, SMK Tunas Bangsa Raih Juara Umum

Edukasi | Wednesday, 31 Aug 2022, 11:34 WIB
Salah satu penampilan tim peserta LKBB tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Barat yang digelar Humanistik UM Bandung pada Sabtu 27 Agustus 2022 lalu.***

BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Humanistik) UM Bandung sukses menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Barat pada Sabtu (27/08/2022).

LKBB ini berlangsung di halaman depan kampus UM Bandung. Peserta yang berpartisipasi pada lomba ini ada 28 tim dari 23 sekolah tingkat menengah se-Jawa Barat.

Ketua Progam Studi Administrasi Publik UM Bandung Endang Irawan SSos MAP sangat mengapresiasi lomba yang berlangsung hingga sore ini.

Endang Irawan mengatakan bahwa LKBB merupakan rangkaian lanjutan acara dari milad ke-5 Humanistik.

"Tujuan akhir lomba ini membantu tim PMB universitas agar semakin banyak calon mahasiswa yang daftar ke UM Bandung," ucap Endang Irawan.

Untuk informasi, setiap tim peserta lomba berjumlah 16 orang. Setiap tim menampilkan gerakan baris berbaris sesuai dengan PERPANG TNI nomor 58 Tahun 2018.

”Karena ini baris berbaris, kami mengundang satu orang Purna Paskibraka Indonesia provinsi Jawa Barat dan dua orang dari TNI sebagai juri,” tutur Endang Irawan.

Lebih lanjut Endang Irawan menuturkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreativitas, kebersamaan, dan komunikasi dari para siswa peserta lomba.

”Selama pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan, nah kita balikkan lagi gairahnya dalam kegiatan lomba baris berbaris ini,” tutur Endang Irawan.

Endang Irawan berharap LKBB yang berlangsung meriah dari pagi hingga malam menjadi kegiatan tahunan atas nama universitas itu sendiri.

”Jadi, untuk penanggung jawabnya dari Humanistik, tetapi atas nama UM Bandung,” tandasnya.

SMK Tunas Bangsa Ngamprah raih juara umum

Pada LKBB ini, Tim Brigpastusa dari SMK Tunas Bangsa Ngamprah (Kabupaten Bandung Barat) pulang dengan bangga karena berhasil menjadi juara umum dan menyabet beberapa kategori juara lainnya.

Salah satu peserta Tim Brigpastusa dari SMK Tunas Bangsa Ngamprah, Muhammad Azka Fathul Ghifary, mengaku sangat bangga atas prestasi ini.

Dia mengatakan bahwa dirinya dan juga tim membutuhkan waktu tiga minggu untuk mempersiapkan gerakan untuk lomba ini.

”Kita berharap ke depan bisa lebih baik lagi, lebih maksimal tampilnya untuk di event-event berikutnya,” terang Azka.

Sementara itu, pembina Tim Brigpastusa SMK Tunas Bangsa Sugiarto SPd mengaku bahwa selain bangga atas raihan prestasi anak bimbingannya juga sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini.

Sugiarto menjelaskan, LKBB ini menjadi kegiatan positif dan sekaligus dapat memotivasi siswa dalam berkegiatan.

”Lomba ini membuktikan bahwa kegiatan pelajar khususnya Paskibra sudah bisa dimulai kembali,” ungkap Sugiarto.

Sugiarto berpesan agar kemenangan siswa didiknya itu tidak menjadikan mereka mudah cepat puas.

”Karena penghargaan ini hanya untuk hari ini saja dan menjadi motivasi ke depan untuk lebih baik,“ pungkasnya.*** (Firman Katon)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image