Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

STMM Yogyakarta Jalin Kerja Sama dengan UM Bandung

Eduaksi | Wednesday, 31 Aug 2022, 11:29 WIB
Foto bersama setelah penandatanganan naskah kerja sama anatara STMM Yogyakarta dengan UM Bandung pada Senin (30/8/2022).

BANDUNG -- Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STMM berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) pada Senin 29 Agustus 2022.

Selain silaturahmi, kunjungan yang terpusat di ruang rapat ini juga dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama antara STMM, LSP STMM, UM Bandung, serta Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung.

Ketua STMM Ir Noor Iza MSc mengatakan kunjungannya ke UM Bandung merupakan silaturahmi sekaligus untuk menjalin kerja sama kedua kampus dalam sertifikasi bidang komunikasi dan penyiaran.

”Para mahasiswa UM Bandung nanti bisa ikut sertifikasi profesi sesuai dengan Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKNI),” ucap Noor Iza.

Nantinya, tutur Noor Iza, STMM akan melaporkan hasil sertifikasi mahasiswa ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

”Jadi, untuk sertifikatnya nanti akan betul-betul resmi, mulai dari penomoran sertifikat dan sebagainya,” jelasnya.

Nilai tambah mahasiswa

Noor Iza juga mengatakan bahwa sertifikasi profesi bisa menjadi nilai tambah bagi mahassiwa ketika sudah lulus.

Sertifikasi penting sekali, menurut Noor Iza, karena menjadi bagian yang inheren dari para mahasiswa.

”Karena dunia kerja sekarang menuntut adanya sertifikasi tambahan seperti surat keterangan pendamping ijazah,” tutur Noor Iza.

Noor Iza berpesan, meskipun para mahasiswa sudah mendapatkan sertifikat, mereka perlu untuk terus-menerus mengembangkan potensi keahliannya dengan baik.

Melibatkan alumni

Sementara itu, Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung Prof Dr Nanang Rizali MSD sangat bersyukur atas penandatanganan kerja sama dengan STMM.

Prof Nanang Rizali mengatakan bahwa nantinya pelaksanaan sertifikasi profesi bisa juga mengikutsertakan mahasiswa yang sudah jadi alumni.

”Pelaksanaannya nanti itu mulai tanggal 12-13 September dan para lulusan akan dibuatkan semacam penataran,” ungkap Prof Nanang Rizali.

Selain itu, Prof Nanang Rizali menjelaskan bahwa nantinya STMM Yogjakarta akan menjadi asesor sebagai perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam sertifkasi.

Ke depannya Prof Nanang Rizali berharap kedua kampus bisa menggarap bidang kerja sama lain untuk meningkatkan kemampuan para lulusan.

Sebagai informasi, selain Warek II UM Bandung Ahmad Diponegoro MSIE PhD, Ketua STMM Ir Noor Iza MSc, Direktur LSP STMM Drs Kusumo Gambriyanto MSi, dan Dekan Sosial dan Humaniora Prof Dr H Nanang Rizali MSD, dalam pertemuan hadir juga Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dra Euis Evi Puspitasari MSi serta Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Internasional H Jamhur SAg.*** (Firman Katon)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image