Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Robiah

Genggamlah Dunia Dengan Membaca

Eduaksi | Tuesday, 30 Aug 2022, 22:08 WIB

Genggam dunia dengan membaca

Sebelum menuju ke inti pembicaraan, saya terlebih dahulu akan memperkenalkan definisi membaca, Apa tujuan membaca? Sejak kapan kita harus membaca? Buku apa yang harus dibaca? Dimana kita harus membaca? Dan mengapa kita harus membaca?

Pertanyaan – pertanyaan itu ditanyakan beberapa anak, Ketika saya sebagai ketua TBM (taman baca masyarakat ) memerintahkan mereka membaca, dan Saya menjawab semua pertanyaan – pertanyaan itu.

Jadi begini nak, membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, dan buku juga merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Karena buku itu dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri, melainkan informasi tentang dunia. Bahkan alam semesta pun akan kita dapatkan dengan membaca. Membaca memiliki banyak tujuan, selain informasi membaca juga merupakan kunci untuk membuka pintu gerbang kesuksesan. Membaca juga merupakan sarana untuk menambah ilmu pengetahuan. dengan membaca semua tahu. Maka membaca perlu dibiasakan sejak dini. Buku apapun boleh kita baca, misalnya buku cerita, novel, artikel atau majalah. Buku – buku tersebut juga memiliki manfaat dan informasi seperti halnya buku – buku ilmiah. Membaca juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Di zaman yang sudah canggih ini membaca juga tidak harus buku, di internet sudah sangat memungkinkan. Namun amat sangat disayangkan, dewasa ini jarang kita temui pelajar yang gemar membaca, kebanyakan dari mereka memilih main game atau medsos.

Menuju ke inti pembicaraan, sekarang bagaimana cara agar anak minat baca dan membudaya ? Kami mulai membuat rencana, akan didirikannya taman baca masyarakat yang berintegritas dengan Posyandu. Dengan tujuan agar anak – anak yang ada dilingkungan kami terbiasa membaca dan setidaknya bisa mengurangi bermain gadget, karena tidak bisa dipungkiri gadget membuat anak- anak kita tidak sehat. Karena taman baca kami lebih dari sekedar gemar membaca tapi taman baca kami adalah sebuah literasi, maka dari itu kami mempunyai tujuan supaya anak- anak yang menjadi bagian dari taman baca ini mempunyai karakter berbudi luhur dan berakhlak yang mulia, kami juga berharap agar anak – anak kami nantinya akan menjadi manusia yang Tangguh dan mandiri, berbakti pada orang tua, nusa bangsa dan agama. Kami juga menyediakan buku -buku yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak – anak. Intinya kami tidak menjadikan membaca sebagai sebuah beban bagi anak.

Sebelum kami mendirikan, tentunya kami banyak pertemuan dengan beberapa Lembaga, diantaranya pkk desa, patriot desa dan juga pemerintahan desa. Karena ini menjadi bagian dari program pkk dan program patriot, tentunya kami berkolaborasi dengan pkk dan patriot maupun pemerintahan desa. Selain itu kami juga mengajak para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda untuk ikut andil dalam rencana pembentukan taman baca tersebut.

Dan Alhmadulillah pada hari senin, tanggal 28 Maret 2022 ahirnya “ Launching Taman Baca Masyarakat” berjalan dengan lancar dan sukses. Dan kami beri nama “ TBM MUTIARA INSANI ” dengan slogan “ SAKACA “ (Sahari Kudu Maca). Yang artinya adalah dalam sehari anak- anak wajib membaca ,tanpa dijadwal kapan dan berapa lama waktunya harus membaca, agar anak- anak tak merasa membaca adalah suatu kewajiban yang berat, maka kegiatan ini kami kemas dengan nuansa rekreatif. maka kami jadwalkan sekali dalam seminggu mengajak mereka membaca di luar taman baca tersebut.

Kami senang karena kegiatan kami dihadiri oleh ketua Patriot Propinsi Jawa barat dan kegiatan tersebut juga diliput oleh media massa dan mendapatkan apresiasi dari ibu bupati Karawang. Dr. Celicca nurrachdiana.

Dan kami juga senang, para orang tua yang ada dilingkungan TBM tersebut pun antusias mendaftarkan anak- anaknya untuk mengikuti kegiatan tersebut dan intinya taman baca “ MUTIARA INSANI” dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Kami juga lega perjuangan kami selama ini tidak sia – sia.

Jadi, kesimpulannya adalah sangat banyak cara untuk meningkatkan minat baca. Yang paling utama adalah motivasi, niat dari dalam hati untuk membaca. Ingat, gengamlam dunia dengan membaca , karena membaca dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang dapat mengantarkan kita ke pintu gerbang kesuksesan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image