Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Melani Mardianingsih

Peluang dan Ancaman Sektor Logistik di Era Digitalisasi

Teknologi | Monday, 29 Nov 2021, 09:20 WIB

Perkembangan zaman saat ini maju makin pesat di era digitalisasi ini teknologi informasi mengambil peran yang sangat penting dalam mengubah lanskap industri dan perkembangan bisnis. Terutama dalam hal cara pelaku bisnis menawarkan produk dan jasanya.

Industri logistik di Tanah Air, misalnya, tumbuh semakin pesat pada tahun 2018 dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, berkat perkembangan E-commerce atau online shop.

Tentu, produsen perlu melakukan berbagai upaya perubahan dalam bisnisnya agar bisa beradaptasi dengan perkembangan digital ini.

Kepala Komite Tetap Kamar Dagang dan industri (Kadin) bidang Logistik, Supply Chain, dan SDM, Nofrisal, sempat mengatakan beberapa waktu lalu bahwa industri logistik diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital guna menjawab kebutuhan konsumen yang sudah semakin melek digital.

dengan memanfatkan teknologi artificial intelligence (AI) serta internet Of things (IoT), agar otomatisasi layanan bisa diselenggarakan demi memenuhi kebutuhan konsumen, baik untuk konsumen business to business (B2B) maupun business to customer (B2C).

Beberapa ciri industri 4.0 di sektor logistik adalah pemanfaatan analisa cerdas untuk meningkatkan efisiensi dengan menggunakan algoritma dalam jumlah besar (intelligent), optimalisasi penggunaan teknologi sebagai basis dalam pengambilan keputusan (optimize) dan pembagian beban kerja yang dibagi secara cerdas, baik dalam kegiatan operasional ataupun saat terjadi gangguan IT (shared capacity).

Selain itu, sistem yang digunakan bisa memberikan gambaran detail setiap proses yang dijalankan (visibility), otomasi melalui pemanfaatan teknologi IoT (automation), serta memberikan dukungan terhadap kontrol finansial melalui konsep supply chain control tower (financial).

Karena itu, pelaku bisnis dalam industri logistik perlu mempertimbangkan dua hal untuk bisa memanfaatkan teknologi digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, antara lain adalah sebagai berikut: • Penawaran layanan maupun model bisnis baru • Digitalisasi kegiatan operasional inti

Namun ada hal yang harus diperhatikan pelaku bisnis dalam industri logistik juga yaitu Perkembangan teknologi digitalisasi tidak lepas dari akses internet yang cukup signifikan, untuk itu perusahaan logistik yang menggunakan teknologi digital juga harus memperhatikan dan waspada terhadap ancaman keamanan siber karena perusahaan logistik sangat bergantung pada sistem teknologi informasi sehingga perlu dilakukan mitigasi yang baik.

Digitalisasi akan terus mempengaruhi sektor logistik, konten dan arahannya menuntut perhatian yang serius dari pelaku dan pemangku kepentingan dalam sektor logistik jika tidak ingin ketinggalan.

Melani Mardianingsih MJ101

Mahasiswi Universitas Siber Asia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image