Peluang dan Ancaman Sektor Logistik di Era Digitalisasi

Image
Melani Mardianingsih
Teknologi | Monday, 29 Nov 2021, 09:20 WIB

Perkembangan zaman saat ini maju makin pesat di era digitalisasi ini teknologi informasi mengambil peran yang sangat penting dalam mengubah lanskap industri dan perkembangan bisnis. Terutama dalam hal cara pelaku bisnis menawarkan produk dan jasanya.

Industri logistik di Tanah Air, misalnya, tumbuh semakin pesat pada tahun 2018 dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, berkat perkembangan E-commerce atau online shop.

Tentu, produsen perlu melakukan berbagai upaya perubahan dalam bisnisnya agar bisa beradaptasi dengan perkembangan digital ini.

Kepala Komite Tetap Kamar Dagang dan industri (Kadin) bidang Logistik, Supply Chain, dan SDM, Nofrisal, sempat mengatakan beberapa waktu lalu bahwa industri logistik diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital guna menjawab kebutuhan konsumen yang sudah semakin melek digital.

dengan memanfatkan teknologi artificial intelligence (AI) serta internet Of things (IoT), agar otomatisasi layanan bisa diselenggarakan demi memenuhi kebutuhan konsumen, baik untuk konsumen business to business (B2B) maupun business to customer (B2C).

Beberapa ciri industri 4.0 di sektor logistik adalah pemanfaatan analisa cerdas untuk meningkatkan efisiensi dengan menggunakan algoritma dalam jumlah besar (intelligent), optimalisasi penggunaan teknologi sebagai basis dalam pengambilan keputusan (optimize) dan pembagian beban kerja yang dibagi secara cerdas, baik dalam kegiatan operasional ataupun saat terjadi gangguan IT (shared capacity).

Selain itu, sistem yang digunakan bisa memberikan gambaran detail setiap proses yang dijalankan (visibility), otomasi melalui pemanfaatan teknologi IoT (automation), serta memberikan dukungan terhadap kontrol finansial melalui konsep supply chain control tower (financial).

Karena itu, pelaku bisnis dalam industri logistik perlu mempertimbangkan dua hal untuk bisa memanfaatkan teknologi digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, antara lain adalah sebagai berikut: • Penawaran layanan maupun model bisnis baru • Digitalisasi kegiatan operasional inti

Namun ada hal yang harus diperhatikan pelaku bisnis dalam industri logistik juga yaitu Perkembangan teknologi digitalisasi tidak lepas dari akses internet yang cukup signifikan, untuk itu perusahaan logistik yang menggunakan teknologi digital juga harus memperhatikan dan waspada terhadap ancaman keamanan siber karena perusahaan logistik sangat bergantung pada sistem teknologi informasi sehingga perlu dilakukan mitigasi yang baik.

Digitalisasi akan terus mempengaruhi sektor logistik, konten dan arahannya menuntut perhatian yang serius dari pelaku dan pemangku kepentingan dalam sektor logistik jika tidak ingin ketinggalan.

Melani Mardianingsih MJ101

Mahasiswi Universitas Siber Asia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Fitur Menarik GB WhatsApp, Dapat memilih salah satu dari 45 bahasa yang tersedia

Image

Belajar Mencintai Laki-Laki Sehebat Mpok Zaenab

Image

GB WhatsApp pro, Bisa membuat status dengan maksimal 255 karakter

Image

Guru MTsN 3 Bantul berbagi spirit dalam puisi Astungkara

Image

Nih! Link Download Lagu 'Merasa Indah' oleh Tiara Andini + Lirik

Image

Download GB Whatsapp Bussines Jadikan Bisnismu Mendunia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image