Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sheranvla

Pentingnya membuang sampah pada tempatnya

Info Terkini | Monday, 29 Aug 2022, 14:10 WIB

Kurangi Sampah Demi Lingkungan

Sampah menjadi permasalahan yang tidak ada habisnya sebelum manusia mempunyai kesadaran diri mengenai lingkungan. Banyaknya konsumsi setiap hari membuat manusia selalu menghasilkan banyak sampah setiap harinya.

Banyak orang yang membuang sampah dimana saja tanpa ke tempatnya menyebabkan air tersumbat dan bisa jadi banjir.

Seperti apa yang terjadi di kota kota lain terjadinya banjir disebabkan oleh sampah yang berserakan di tepi sungai sehingga tersumbat dan air tidak mengalir.

Penyebab banjir mencakup curah hujan yang tinggi; permukaan tanah lebih rendah dibandingkan muka air laut; wilayah terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan sedikit resapan air; pendirian bangunan disepanjang bantaran sungai; aliran sungai tidak lancar akibat terhambat oleh sampah; serta kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai. Meskipun berada diwilayah "bukan langganan banjir'. Setiap orang harus tetap waspada dengan kemungkinan bencana alam ini.

sebagai langkah persiapkan yang harus kita lakukan adalah:

 Menata daerah aliran sungai dari hulu ke hilir secara terpadu sesuai dengan fungsi lahan.

 Membangun sistem pemantauan dan peringatan dini pada wilayah yang sering terkena banjir.

 Memasang pompa dan penghalang ombak untuk daerah yang lebih rendah dari permukaan laut.

 jangan membangun rumah di bantaran sungai.

Persiapan di tingkat kampung :

 Bersama aparat setempat membersihkan lingkungan sekitar, terutama pada saluran air atau selokan dari sampah.

 Tentukan lokasi Posko Banjir yang tepat untuk pengungsi. Lengkapi dengan fasilitas alat evakuasi, dapur umum, MCK, dan Pasokan air bersih.

 Bentuklah tim penanggulangan banjir di tingkat warga.

Apabila terjadi banjir di area anda,anda harus melakukan ini:

 Matikan listrik di dalam rumah dan hubungi petugas PLN untuk mematikan aliran listrik.

 Segera mengamankan barang-barang berharga ketempat yang lebih tinggi.

 Mengungsi ke daerah yang lebih tinggi sedini mungkin. Apabila akan meninggalkan rumah pastikan dalam keadaan terkunci dan aman.

 jangan berjalan atau berkendara di aliran banjir untuk menghindari terseret arus.

Demi mengurangi sampah yang ada, masyarakat hendaknya menggunakan barang yang didaur ulang. Misalnya saja, untuk kebutuhan kantong plastik kita bisa menggunakan satu kantong saja yang bisa dipakai berulang-ulang. Hal ini akan membantu mengurangi sampah dan menjadikan bumi lebih sehat dan tidak terjadinya banjir ditempat kita yang indah ini.

Mari kita samasama menjaga lingkungan kita supaya tidak tercemar dari sampah dan tidak menyebabkan banjir bandang bestie.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image