Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Cara Mengatasi Pedal Gas Yang Tersangkut

Eduaksi | Monday, 29 Aug 2022, 13:39 WIB

GPSKU - Mengemudi di jalan adalah kegiatan yang berbahaya. Kecelakaan saat mengemudikan kendaraan bermotor dapat terjadi sebagai akibat dari faktor internal maupun eksternal yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Faktor eksternal itu sendiri adalah pengguna jalan dan kondisi jalan saat berkendara. Faktor internal adalah masalah pada pengemudi itu sendiri dan mobil itu sendiri. Salah satunya adalah ketika pedal akselerator terjepit di dalam mobil. Saat kecepatan kendaraan tinggi, kemungkinan pedal akselerator terjepit semakin besar. Banyak orang berpikir bahwa dalam situasi ini mereka tidak menarik rem tangan atau mematikan mesin. Alih-alih, pindahkan gigi atau persneling ke netral dan gunakan rem.

Pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu mengatakan situasi darurat, seperti dilansir liputan6.com. Pedal akselerator macet berbeda dengan rem macet. Ini karena tindakan menjadi lebih penting. Ketika situasi seperti itu muncul, yang terbaik adalah tidak panik atau bertindak tergesa-gesa.

"Langkah pertama yang perlu adalah jangan panik. Kenapa? Karena saat panik, semua referensi dan pikiran Anda terlupakan," kata Jusri Parbukh.

Orang yang mengemudi cepat tidak boleh bertindak untuk menarik rem tangan. Karena Anda bisa mengunci roda belakang dan memutar mobil. “Dalam situasi mobil melaju kencang, rem tangan tidak boleh ditarik karena akan menimbulkan masalah baru di mana roda belakang terkunci dan mobil bisa berputar,” tambah Yusri.

Tapi bagaimana jika pedal akselerator tidak kembali saat dikendarai? Untuk menghentikan siaran National Geographic dengan aman dalam situasi ini, Anda memiliki tiga opsi. Tiga opsi adalah pengereman darurat (rem tangan), yang kedua adalah memindah transmisi ke posisi netral dan opsi terakhir adalah menghentikan mesin.

baca juga pajak motor xmax

Tentunya ketiga pilihan di atas harus dilakukan dengan pemahaman yang benar. Hal pertama yang harus diketahui adalah jenis mobil yang Anda kendarai. Jika gearbox manual, masalahnya dapat dengan mudah diselesaikan dengan menekan pedal kopling. Mobil mengaum karena tidak ada tenaga yang ditransfer dan Anda masih bisa menggunakan rem sambil memegang pedal kopling.

Jika Anda memiliki transmisi otomatis, posisikan tuas transmisi ke posisi netral. itu akan menjadi pilihan terbaik. Pilihan lain adalah menerapkan rem darurat, tetapi tidak disarankan untuk pengemudi yang kurang berpengalaman. Opsi terakhir memungkinkan Anda untuk segera mematikan mesin mobil. Setelah itu, gearbox harus diletakkan dalam posisi netral.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image