Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

Disambut Meriah, Kedatangan Mahasiswa PMM Inbound Padati Bandara DEO

Info Terkini | Monday, 29 Aug 2022, 13:11 WIB

UNIMUDANews | Sebanyak 130 Mahasiswa Inbound dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia pada Senin, (29/8) memadati Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Kota Sorong. Rombongan mahasiswa ini datang secara bersamaan dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2022 di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Kedatangan mahasiswa inbound ini disambut hangat oleh tim taskforce PMM Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Tak hanya itu, untuk memeriahkan suasana dan pemuliaan kedatangan para mahasiswa inbound, tim taskforce bahkan menyiapkan Suling Tambur yang merupakan bagian dari budaya Papua. Kesenian Suling Tambur adalah kesenian Papua yang merupakan akulturasi budaya yang pernah singgah di Papua.

Selain itu, dengan adanya Suling Tambur ini merupakan salah satu cara UNIMUDA Sorong untuk memperkenalkan budaya Papua kepada seluruh mahasiswa dari berbagai Provinsi di Indonesia yang datang ke Tanah Papua.

Tahun ini merupakan kedua kalinya UNIMUDA Sorong menjadi tuan rumah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. PMM 2 sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek.

Pada kloter pertama ini, UNIMUDA kedatangan 130 dari 164 mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia. Sementara pada Selasa, (30/8) akan berdatangan lagi mahasiswa Inbound kloter kedua yang juga akan di jemput langsung oleh pihak Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., mendengar kedatangan mahasiswa inbound ini beliau merasa senang dan sangat menyambut hangat kedatangan mereka. Meskipun tidak dapat membersamai secara langsung saat kedatangan mereka, karena bersamaan dengan ini beliau sedang ada agenda lain menyampaikan bahwa manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Saya senang sekali, berbondong-bondong mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia datang ke tempat kami di UNIMUDA tentu akan kami sambut dan kami bombing dengan baik. Program MBKM yang luar biasa ini semoga dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai ajang untuk meningkatkan wawasan kebangsaan sehingga dapat saling mengenal satu sama lain dan dapat memupuk solidaritas serta menjadi wadah perekat kebangsaan antar sesame mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia melalui pembelajaran antar budaya.” Tutur Rustamadji.

Rustamadji menambahkan dan berjanji akan membuat mahasiswa Inbound ini merasa senyaman mungkin hingga nanti berat saat waktunya tiba untuk kembali ke daerah masing-masing.

“Saya pastikan bahwa UNIMUDA Sorong dapat menjadi wadah pengembangan yang paling apik bagi mahasiswa inbound ini dan saya pastikan mereka akan sulit move on saat meninggalkan tempat ini. Datang ke UNIMUDA untuk bersenang-senang, dan serap cukup banyak bekal ilmu melalui program ini. Ini adalah moment berharga, masa muda, masa emas yang tentunya akan diingat selalu oleh mahasiswa inbound.” Sambungnya.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program dengan perkuliahan di luar kampus sebagai implementasi dari MBKM. Perkuliahan yang dilakukan bahkan dapat direkognisi sampai 20 SKS. Mahasiswa PMM juga akan menempuh mata kuliah 20 SKS. Ini akan dibagi dua kategori, mata perkuliahan biasa sesuai standar kurikulum dan mata kuliah modul Nusantara. (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image