Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image iis Nurhayati

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Gaya Hidup | Sunday, 28 Aug 2022, 19:37 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam hidup manusia, mata merupakan organ tubuh pada diri manusia yang sangat vital sekali, fungsinya adalah untuk indera penglihatan,dimana diciptakannya mata untuk melihat ciptaan Allah Yang Maha Kuasa.

Untuk itulah, memiliki mata yang sehat merupakan dambaan semua orang, namun banyak dari kita kurang menjaga kesehatan mata dengan baik, salah satunya adalah seringnya membiasakan hal – hal buruk yang mengakibatkan berkurangnya kualitas penglihatan mata, bukan karena factor usia, namun pola hidup mempengaruhi kesehatan mata.

Adapun hal buruk yang membuat kualitas penglihatan kita berkurang adalah sebagai berikut:

1. Berlama- lama didepan monitor seperti computer, laptop, notebook, hp, dan sebagainya membuat mata akan merasa mudah lelah, dan jika hal tersebut dibiasakan dan tidak segera diatasi,maka akan jadi pemicu rusaknya mata,untuk mengatasinya dapat mengurangi cahaya dari monitor, supaya tidak begitu terang dan tidak mudah merusak mata.

2. Paparan sinar UV yang mengenai langsung kontak mata, akan membuat mata terasa sakit, dan hal ini menjadi menyebab rusaknya mata, karena ketika mata melihat sinar matahari yang begitu cerahnya, mata akan terasa sakit, maka untuk menghindari langsung cahaya matahari bisa menggunakan kacamata.

3. Menonton Tv terlalu lama dengan jarak yang terlalu dekat,bisa juga mengakibatkan kerusakan mata, mata akan merasa lelah ketika hal itu terjadi dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

4. Membaca buku sambil tiduran,juga dapat memicu terjadinya kerusakan mata, maka dari itu hindarilah posisi membaca buku sambil tiduran

Masih banyak lagi hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan mata,yang dipaparkan diatas hanya sebagian saja, maka dari itu, alangkah baiknya harus benar- benar merawat kesehatan mata dengan baik, dengan mengubah beberapa kebiasaan buruk.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata diantaranya :

1. Periksa mata secara rutin, setiap orang mulai dari anak- anak sampai lansia dianjurkan untuk periksa mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali, orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan memeriksa mata setahun sekali, hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata seperti glaucoma dan katarak.

2. Konsumsi makanan bergizi, untuk menjaga kesehatan mata disarankan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

3. Hindari penggunaan gadget terlalu lama, jika bekerja didepan monitor sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan 20 detik, setiap 20 menit sekali. Juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit selama 2 jam sekali, bila mata terasa kering bisa menggunakan tetes mata.

4. Hindari paparan sinar ultraviolet, tidak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar uv, karena mata yang terlalu sering terpapar sinar uv lebih beresiko mengalami katarak, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata, oleh karena itu, maka disarankan untuk memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar uv

5. Hentikan kebiasaan merokok, merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit katarak, dan merusak saraf optic yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata

6. Hati- hati saat menggunakan make up,make up berbentuk cairan atau krim umumnya rentan akan pertumbuhan bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena itu, buang dan ganti make up jika sudah 3 bualn digunakan, selain itu pastikan untuk memcuci muka sebelum dan sesudah menggunakan make up

7. Olahraga rutin. Karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi resiko penyakit mata, dan bahkan menurunkan resiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolestrol yang tinggi

Selain berbagai cara diatas, juga dianjurkan untuk menghindari kebiasaan membaca ditempat gelap. Saat membaca jaga jarak antara mata dan buku atau objek bacaan sekitar 25-30 cm , termasuk ketika sedang membaca sambil berbaring.

Tidak sedikit orang yang tidak beruntung,salah satunya dengan tidak bisa melihat keindahan ciptaan Tuhan maka bersyukurlah kita yang terlahir sempura, dengan mengucapkan Hamdallah sebagai bukti rasa syukur, dan menjaga baik- baik kesehatan salah satunya mata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image