Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Khodijah

Manfaat Tempe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gaya Hidup | Sunday, 28 Aug 2022, 12:21 WIB
Tempe makanan khas Indonesia

Siapa yang tidak kenal tempe, makanan khas Indonesia yang sudah dikenal dunia karena rasanya yang lezat dan manfaatnya yang luar biasa sehat. Selain dijadikan sebagai camilan dan lauk, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini pun mudah d ikreasikan, dari mulai masakan rumah sederhana hingga masakan mewah ala restoran. Tak heran jika tempe menjadi makanan yang disukai dan patut dibanggakan. Tempe adalah makan khas Indonesia yang sudah di kenal sejak lama, Tempe merupakan makanan yang terbuat biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Lewat proses fermentasi ini, biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna.

Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% dari konsumsi kedelai Indonesia dijadikan untuk memproduksi tempe, 40% tahu, dan 10% dalam bentuk produk lain (seperti tauco, kecap, dan lain-lain). Konsumsi tempe rata-rata per orang per tahun di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai sekitar 6,45 kg. Umumnya, masyarakat Indonesia mengkonsumsi tempe sebagai panganan pendamping nasi. Dalam perkembangannya, tempe diolah dan disajikan sebagai aneka panganan siap saji yang diproses dan dijual dalam kemasan. Kripik tempe, misalnya, adalah salah satu contoh panganan populer dari tempe yang banyak dijual di pasar.

Menu pavorit keluarga, Olahan sederhana rasa istimewa

Biasanya tempe sangat mudah sekali di temukan, bahkan di tukang sayur keliling di komplek rumah saya pun tempe tidak pernah absen, walupun dulu sempat harga kedelai naik tempe tetap eksis hanya saja cukup sulit di cari.

Banyak sekali macam masakan olahan dari bahan tempe, namun keluarga saya sangat suka dengan olahan berbahan tempe yaitu “ Orek tempe “ Selain mudah di masak bumbu nya pun sangat sederhana sekali, cara memasaknya juga sangat mudah sekali, pastilah ibu-ibu juga pasti bisa memasak olahan ini.

Adapun cara memasak ala saya yaitu:

Siapkan tempe, kemudian potong sesuai selera kemudian goreng tempe sampai kuning namun tidak terlau kering.

Siapkan bumbu : bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, tomat , daun salam (boleh skip kalau tidak ada), tomat, penyedap rasa dan kecap tidak lupa minyak goreng. Halusakan

semua bumbu, kalo saya lebih suka tidak begitu halus lebih suka bumbu yang masih kasar, tapi tergantung selera.

Selanjutnya panaskan minyak untuk memasak bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai wangi dan berubah warna, kemudian masukan tempe, penyedap rasa dan kecap jangan lupa masukan daun salam, aduk sampai rata dan selesai olahan orek tempe siap di sajikan. Menu sederhana dengan rasa yang istimewa, setiap orang pasti punya selera masing-masing tentunya.

Banyak sekali olahan sederhana lainnya yang terbuat dari bahan tempe seperti :

- Tempe mendoan sambel kecap, tempe kering teri kacang, oseng tempe cabe ijo, Sayur tempe,Perkedel tempe, Tempe kriuk.

Dan masih banyak lagi berbagai macam menu masakan yang berbahan dari tempe.

Manfaat tempe untuk kesehatan dan kecantikan

Padahal ada banyak manfaat dari menu sederhana ini yang tidak banyak orang tahu. Ahli sudah berbicara, bapak pangan Indonesia, F.G Winarno mengungkapkan manfaat hebat dari tempe!

Vitamin B12 Tempe kaya akan Vitamin B12 yang sangat jarang terdapat dalam makanan nabati. Fungsi Vitamin B12 ini sangat bagus, yaitu untuk membantu produksi energi, mengatur sistem saraf dan melindungi diri dari penyakit jantung.

Antioksidan Tinggi Kandungan kedelainya mencegah radikal bebas, penuaan dini dan mencegah tumbuhnya sel kanker payudara pada perempuan.

Meringankan Osteoporosis Ternyata bukan hanya susu, tempe juga terbukti meringankan osteoporosis yang terjadi pada masa pasca menopause.

Mencerahkan Kulit Penelitian yang dilakukan oleh F.G Winarno baru-baru ini menemukan kalau tempe bisa memutihkan wajah.

Pembentukan Otot Makanan kaya protein untuk pembentukan otot tidak hanya diperoleh dari daging dan telur saja, tempe yang mengandung protein super pun membantu proses pembentukan otot. Terutama buat Anda yang aktif berolahraga.

Pendamping ASI Tempe sangat baik dikonsumsi oleh perempuan yang sedang menyusui. Tidak hanya baik buat sang ibu tetapi juga pertumbuhan otak anaknya.

Obat Sakit Perut Sejak lama tempe dikenal sebagai obat diare. Biasanya untuk mengobati diare, tempe dibakar kemudian dimakan

Selain mudah di dapat banyak sekali manfaat tempe untuk kesehatan dan kecantikan, apalgi di jaman seperti sekarang sudah hadir banyak sekali makanan cepat saji, untuk menjaga kesehatn tubuh pastikan makanan yang di konsumsi aman untuk tubuh kita

Menjaga kesehatan artinya mensyukuri nikmat yang telah Tuhan beri. Salah satu hadis di bawah ini tentang betapa penting kesehatan

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi n bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image