Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jogja Terkini

Bertemu Anies Baswedan di Jakarta, SKI DIY Sampaikan Ini

Politik | Sunday, 28 Aug 2022, 12:16 WIB
Bertemu Anies Baswedan di Jakarta, SKI DIY Sampaikan Ini (foto: Mas We)

YOGYAKARTA - Sekretariat Kolaborasi Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta atau SKI DIY yang merupakan gabungan dari beberapa elemen relawan pendukung Anies Baswedan di DIY baru saja bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada Rabu 24 Agustus 2022 lalu di Jakarta.

Disampaikan Koordinator SKI DIY, Kardi, SH ada beberapa pikiran yang mengemuka ketika berlangsung penyampaian aspirasi warga masyarakat berbagai provinsi kepada Anies Baswedan.

"Pertemuan berlangsung di Pendopo Anies Baswedan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2022. Dari pukul 06.30 hingga 08.00 WIB. Diawali dengan penyampaian pandangan perwakilan rombongan dari DIY, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan DKI," ujar Kardi, Minggu 28 Agustus 2022 dihadapan wartawan.

Sehubungan dengan kegiatan yang telah berlangsung tersebut lanjut Kardi, maka kami, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) DIY menyampaikan beberapa pesan dan harapan.

"Pertama, harapan besar agar para relawan Anies Baswedan bisa memfasilitasi adanya peningkatan partisipasi warga dalam proses pemilu maupun pilpres 2024. Jangan sampai hajatan demokrasi lima tahunan ini hanya menjadi ajang kepentingan parpol dan para kontestan. Menepikan peran serta masyarakat luas sebagai pemilik sah dan sejati kedaulatan negeri. Di samping itu, para relawan juga perlu melakukan interaksi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk menampung aspirasi warga," kata Kardi.

Kedua, masih kata Kardi, jika masyarakat bersikap pasif, maka parpol pun akan cenderung diam. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya proaktif.

Para relawan diharapkan agar terus merajut komunikasi dengan partai politik di berbagai tingkatan. Dari tingkat pusat, propinsi, hingga kabupaten dan kota. Sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Memberikan gambaran obyektif bahwa bangsa ini memerlukan pemimpin yg tidak hanya cerdas, santun, tapi juga jujur dan amanah sehingga tidak dapat menyelesaikan problem-problem praksis namun juga secara sistemik dapat mengembalikan bangsa ini sesuai dengan amanat para pendiri bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Semua hal diatas-sesuai dengan rekam politik hanya ada dalam figur Anies Baswedan.

"Ketiga, para relawan, simpatisan dan pendukung Anies Baswedan, juga diharapkan untuk terus aktif melakukan silaturahmi dengan para public figure, tokoh-tokoh dan pemuka masyarakat. Menjalin sinergi dan kolaborasi sumber daya agar bisa melakukan perbaikan keadaan menuju tahapan dan tatanan yang kita harapkan bersama. Silaturahmi ini diperlukan untuk menyatukan pikiran, pandangan, maupun kekuatan lintas elemen," ucap Kardi.

Keempat, para relawan agar terus melakukan konsolidasi, tampil simpatik dan merapikan barisan. Relawan yang sudah terhimpun dalam satu komunitas, diharapkan agar tidak merangkap menjadi relawan maupun pengurus di simpul relawan yang lain. Biarkan masing-masing komunitas relawan tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter dan jati diri yang dimilikinya. Kesamaan tujuan untuk mengusung Anies Baswedan harus lebih ditonjolkan. Dengan demikian, sinergi dan kolaborasi lintas komunitas atau lintas kelompok akan lebih mudah untuk dilakukan.

"Pesan dan harapan di atas akan dapat mencapai sasaran secara optimal jika kita melakukan semuanya penuh ketulusan, selalu mengobarkan semangat, mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki, menjangkau segala penjuru, serta menyampaikan pesan secara santun dan cerdas," pungkas Kardi. *

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image