Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Juhriyah Juh

Lomba panjat pinang dalam memperingati HUT RI

Lomba | Sunday, 28 Aug 2022, 09:28 WIB

Pada tahun 1945 Indonesia telah merdeka. Di Bulan Agustus tahun 2022 ini ia akan menginjak tahun ke-77 kemerdekaannya. Tidak mudah bagi rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah. Perlu adanya kerja keras, pengorbanan jiwa dan raga untuk bebas dari kendali dan siksaan dari penjajah. Untuk itu, setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rakyat Indonesia mempunyai banyak cara untuk merayakan kemerdekaan, yaitu dengan diadakannya berbagai macam perlombaan, seperti : lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba memasukkan benang ke jarum, lomba panjat pinang, dan lain sebagainya.

Gambar ilustrasi : diakses dari https://id.pinterest.com/pin/442549100861300980/ pukul 13/8/2022/15:00 WIB

Perlombaan-perlombaan tersebut mempunyai filosofi atau makna masing-masing. Seperti lomba makan kerupuk mempunyai makna bahwa rakyat Indonesia pernah berada dalam masa sulit pada saat peperangan dahulu. Lomba tarik tambang mengajarkan kerjasama kelompok untuk meraih kemenangan dan lomba panjat pinang bermakna harus memiliki kesabaran dan kebersamaan kelompok untuk bisa mencapai puncak serta pengorbanan untuk kebersamaan dan kemenangan bersama.

Rakyat Indonesia selalu mengadakan perlombaan panjat pinang pada saat perayaan Hari Kemerdekaan. Mereka selalu menunggu dan sangat menyukai perlombaan tersebut, walaupun sulit untuk bisa sampai ke puncak batang bambu yang sangat licin. Adapun peserta lomba boleh dari kalangan tua maupun muda.

Cara memainkan lomba panjat pinang adalah sekelompok orang berusaha memanjat batang pohon pinang atau bambu yang licin karena telah dilumuri dengan pelumas atau cairan. Mereka saling bertumpuk satu sama lain seperti membentuk tangga agar salah satu teman mereka bisa sampai ke ujung batang. Yang mana di ujung batang terdapat Bendera Merah-Putih dan hadiah-hadiah yang menarik. Mereka memanjat batang pohon sekitar 4 sampai 9 meter.

Selain sebagai salah satu lomba dalam peringatan HUT RI serta hiburan bagi masyarakat, panjat pinang juga dapat dimaknai sebagai perjuangan yang panjang saat mendapatkan kemerdekaan serta setiap kehidupan manusia selalu melewati banyak rintangan setiap harinya. Perjuangan memang berat di awal, namun manis di akhir.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image