Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas LPKA Klas I Kutoarjo

Kegiatan Pramuka, Anak Binaan LPKA Kutoarjo Praktek keterampilan Tali-temali

Info Terkini | Friday, 26 Aug 2022, 13:31 WIB

Kutoarjo, Jumat (26/8) Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Kata ‘Pramuka’ merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang suka berkarya. Istilah ini diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubowono IX yang merupakan bapak Pramuka Indonesia.

LPKA Klas I Kutoarjo memberikan layanan kegiatan latihan Pramuka untuk Anak Binaan LPKA Kutoarjo. Dengan pembina pramuka Kak Winda Sulistyo, dilaksanakan di lapangan wisma LPKA. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan pramuka, antara lain :

1. Menjadi Lebih Mandiri

2. Melatih dan Memupuk Rasa Disiplin

3. Menumbuhkan Semangat Kerjasama dan Gotong-royong

4. Memupuk Kepedulian pada Sesama

5. Belajar dan Melatih Kemampuan Organisasi

Pada kesempatan ini materi yang diberikan yaitu mengenai keterampilan tali temali, sebagai ilmu pengetahuan bahwa untuk mengikat antara tali dengan tali, atau tali dengan bendanya tidak asal mengikat. Sehingga tali dapat terikat dengan kuat dan benar. Tentu dalam membuat simpul ini ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar dapat menghasilkan suatu bentukan dari tali-tali yang ada. Adapun simpul yang terbentuk memiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda, tergantung peruntuknannya. Pengertian simpul adalah hasil atau bentukan dari satu atau dua utas tali. Ada beberapa jenis simpul yang bisa dipelajari yang lebih dikenal di kalangan pramuka ialah simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul laso, simpul jangkar. **(AP)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image