Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

Libur Semester tak Menyurutkan Semangat Belajar Mahasiswa Umsida

Info Terkini | Friday, 26 Aug 2022, 09:39 WIB

Ditengah jadwal liburan semester ganjil, para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), yang tergabung dalam Komunitas Radio Digital Ikom Umsida (Talk Mbois) tetap haus belajar. Mereka melakukan kegiatan Media Visit ke kantor Radio Suara Surabaya (SS), Kamis 25/08.

Media Visit tersebut merupakan kegiatan diluar mata kuliah. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Umsida, Nur Maghfirah Aesthetika M Med Kom menjelaskan, Talk Mbois selalu memiliki inisiatif dan semangat tinggi untuk berkarya di Laboratorium Radio Ikom Umsida. “Kedepannya, mereka berencana untuk rutin melakukan produksi konten audio visual khususnya di platform media sosial Spotify, Tiktok, Instagram, dan Youtube. Sehingga, mereka mencari bekal ilmu terlebih dahulu dengan mengadakan kunjungan media,” tuturnya.

Sebelumnya, Talk Mbois juga sudah melakukan pelatihan public speaking announcer yang dimentori langsung oleh penyiar dari Radio Republik Indonesia (RRI). Nur Maghfirah menambahkan, “Jadi meskipun liburan kuliah begini, teman-teman dari komunitas radio tetap giat beraktivitas di kampus. Tentu itu menunjukan contoh dari semangat Merdeka Belajar yang patut ditiru.”

Menurut Raihan Ramadhan, salah satu pengurus komunitas, kunjungan ke SS ini sangat membuka mata ia dan rekan-rekannya tentang pekerjaan di industri kreatif. Pasalnya, ketika di sana, mereka melihat langsung apabila dalam perusahaan media professional itu setiap harinya harus produksi konten dalam jumlah yang besar. “Di ruangan konten kreator kami diberitahu bahwa dibalik konten-konten SS, setiap harinya mereka harus mencari minimal 50 konten berita,” ujarnya

Lebih lanjut ia menceritakan, “Dalam kegiatan ini awalnya kami diajak room tour untuk melihat ada ruangan apa saja di sini. Kami ditunjukan food court, ruang serbaguna, kemudian kantor utama, tempat pra-produksi hingga pasca produksi mulai dari ruang desain, editing audio dan video, ruang rekaman, ruang konten kreator, ruang marketing, hingga ruang siaran dan beberapa diantara kami berkesempatan langsung untuk siaran on air,” imbuhnya.

Selain Room Tour, 20 mahasiswa yang mengikuti Media Visit ke SS juga dibekali teori-teori dalam bidang penyiaran pada sesi diskusi. “Kami sangat senang karena banyak mendapatkan ilmu pengetahuan, selain itu kami juga mendapatkan dorongan untuk lebih semangat lagi dalam belajar dan membuat konten-konten kreatif kampus nantinya,” pungkasnya.

(Alfaro Mohammad Recoba)

*Humas Umsida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image