Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Linda Erlina

Kreasi Menggunakan Molekul Air Tiga Dimensi Untuk Merayakan Kemerdekaan RI ke-77

Gaya Hidup | Wednesday, 24 Aug 2022, 23:58 WIB

“Tujuh Belas Agustus Tahun Empat Lima”

“Itulah hari kemerdekaan kita”

“Hari merdeka nusa dan bangsa”

“Hari lahirnya bangsa Indonesia”

“MERDEKA!”

Lirik lagu di atas menjadi berputar-putar secara otomatis di kepala selama beberapa hari. Euforia menyambut pekan kemerdekaan Indonesia mulai terasa di lingkungan rumah dan kantor. Sepanjang jalan umbul-umbul merah dan putih sudah dipasang. Twibbon dengan background merah putih dan angka 77 sudah menjadi hal yang paling sering ditemui.

Bangsa Indonesia bersuka cita menyambut 17 Agustus 2022, selain juga karena libur tanggal merah, hari yang spesial ini biasanya diisi dengan berbagai perayaan unik di sekolah, lingkungan rumah dan kantor. Berbagai jenis lomba diadakan, mulai dari lomba yang awet sepanjang masa seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba masukan pensil ke dalam botol, lomba tangkap belut, lomba panjat pinang, futsal daster sampai ke lomba yang digital contohnya lomba tarik tambang online.

Berhubung saya sedang tidak ikutan lomba apa-apa, khusus untuk merayakan pekan kemerdekaan Indonesia, saya membuat kreasi dengan menggunakan keilmuan kimia. Sebagai seorang tenaga pendidik yang kebetulan bekerja dengan meneliti DNA dan protein. Saya sedikit banyak melakukan modifikasi terhadap struktur dalam hal visualisasinya. Visualisasi ini melibatkan penggunaan komponen warna yang sesuai dengan jenis atom atau strukturnya.

Saya teringat betul dua hari sebelum tanggal 17 Agustus 2022, tepatnya tanggal 15 Agustus 2022, saya dan beberapa rekan dari departemen memberikan penyuluhan di SMAK 6 BPK Penabur Jakarta. Kami memperkenalkan bagaimana bentuk molekul, protein dan bermain dengan media kertas untuk membuat prototipe protein. Dalam sebuah protein banyak mengandung air atau dalam bahasa kimianya H2O.

Saya kemudian terinspirasi untuk membuat kreasi dari molekul air secara 3 dimensi yang warna dasarnya putih untuk atom hidrogen (H) dan merah untuk atom oksigen (O). Warna ini cocok sekali dengan bendera merah putih. Oleh karena itu saya membuat terlebih dahulu visualisasi molekul air dengan menggunakan perangkat lunak yang tersedia secara gratis di internet. Kemudian molekul air ini selanjutnya saya rangkai menjadi tulisan “77” dan “Indonesia”.

Ini dia molekul air yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi (dokumentasi pribadi)

Selanjutnya molekul air ini saya rangkai dengan memanfaatkan aplikasi desain yang membentuk huruf 77 dan INDONESIA. Molekul air ini saya putar ke beberapa arah sehingga menghasilkan sebuah huruf dan juga angka.

Ini dia hasil kreasi saya menggunakan molekul air 3 dimensi (dokumentasi pribadi)

Pekerjaan desain ini ternyata membutuhkan waktu dan juga yang paling penting adalah internet cepat harus tersedia. Semua tahapan yang saya lakukan ini berbasis internet. Untungnya di kos saya menggunakan IndiHome dengan bandwith unlimited. Internet cepat tidak hanya meningkatkan efisiensi, namun juga meningkatkan produktifitas. Apalagi bertepatan dengan pekan kemerdekaan Indonesia, IndiHome yang merupakan sebuah produk dari Telkom Group memiliki promo yang sangat menarik. Saya sempat cek kalau ada cashback diskon 77% untuk langganan add-on IndiHome, voucher senilai 50 ribu untuk membayar tagihan dan kita dapat menukar poin mulai dari 770 poin di merchant menarik di aplikasi myIndiHome.

Pekan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 penuh dengan semarak dan energi positif. Saya yakin di luar sana juga banyak anak muda yang berkreasi dan mengandalkan internet serta teknologi. Semoga semangat ini akan terus bergelora di dalam sanubari kita semua, sehingga kita bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara. Merdeka!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image