Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Windi Astuti

Tips dan Rekomendasi Wisata Libur Lebaran ke Kota Sejuta Bunga

Wisata | Sunday, 23 Apr 2023, 15:32 WIB

Rutinitas lebaran bagi saya adalah mudik ke kampung halaman. Biasanya, H-1 sudah on the way melalui jalur kereta menuju ke kampung halaman. Yogyakarta, Magelang, im coming .

Senangnya, bisa lebaran bareng keluarga. Meski yang biasanya sudah terbiasa video call-an berkat bantuan internet cepat saat dilanda kangen. Ada momen bisa kumpul bareng keluarga saat lebaran itu ya harus diwujudkan.

Bisa tatap muka langsung, temu kangen dan merencanakan liburan bareng berkunjung ke wisata terdekat yang bertepatan di momen idul fitri, adalah hal yang dinanti. Buat menciptakan momen tak terlupakan dalam setahun sekali.

Maklum, tinggal jauh sama orangtua ya begini. Silaturahim menjadi kunci. Hal wajib satu ini juga pasti dilakukan oleh setiap anak ke orangtua.

Nah, siapa disini yang mudik lebaran ke Yogyakarta atau ke Magelang ?

Libur lebaran kali ini bakal lebih ramai dari dua tahun sebelumnya. Kayak momen balas dendam karena dua tahun lalu enggak bisa mudik, jadi lebaran tahun ini harus ada momen spesial. Libur lebaran bareng ke tempat wisata terdekat (rencananya). Karena aku dan suami mudik melewati kota pelajar menuju tempat mertua, aku mau berbagi rekomendasi wisata libur lebaran yang cocok untuk di kunjungi bersama keluarga tercinta. Yuk, simak.

Rekomendasi Wisata Libur Lebaran Magelang dan Sekitarnya

 

  1. Candi Borobudur

Teman-teman pasti tahu kan, salah satu keajaiban dunia bernama Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah. Tepatnya ada di desa Borobudur. Terhitung, kalau dari tempat mertua, Pasuruhan, waktu tempuh ke Borobudur hanya butuh waktu 10 menit saja.

Tapi, kalau lagi libur lebaran, macet itu sudah jadi hal biasa. Tak mengapa, ada tantangan sedikit menuju Candi Borobudur. Yang penting pengalaman mengesankan pergi bareng keluarga bisa diciptakan. Ada yang sudah pernah ke sana ?

Berkunjung ke Candi Borobudur, teman-teman bakal dimanjakan dengan pengalaman naik candinya. Bisa foto sepuasnya di sana. Bahkan saat berkunjung teman-teman bakal dipinjami jarit sebagai identitas pengunjung yang singgah kesana.

Kalau perlu bawa topi atau payung supaya tidak terlalu panas. Siapkan amunisi air minum dan saranku, bila mengajak orangtua pastikan saat berkunjung ke sana benar-benar sehat. Karena jalan kaki dengan luas Candi 123 mx123mx42m cukup terasa juga di kaki. Lantaran demikian, tak mengapa. Sebab bagian parkir juga cukup luas bisa dipakai makan bareng dan gelar tikar sekalian menikmati keindahan alam sekitarnya. Untuk tempat parkir mobil dan motor juga luas kok.

  1. Punthuk Setumbu

Pernah sekali berkunjung ke Punthuk Setumbu, masha allah terasa banget di kaki. Sebab, naik bukitnya cukup tinggi dan butuh pegangan. Namun, saat sudah sampai di bagian atas, mau turun kok dalam hati “enggan”. Pasalnya, di atas pemandangan alamnya bagus banget. Mau foto model apa juga bisa. Bikin nagih pokoknya.

Asyiknya, berkunjung ke Puthuk Setumbu usai sholat shubuh. Bakal dimanjakan untuk bisa menikmati keindahan matahari saat terbit.Tempat ini bisa bikin teman-teman terpukau dengan keindahan alamnya. Terhindar dari hiruk pikuk keramaian kota, bahkan bisa ngobrol santai bersama keluarga di atas bukit sana.

Sangat tepat, usai main ke Candi Borobudur sekalian berkunjung ke Punthuk Setumbu karena lokasinya masih berdekatan untuk di jangkau. Tiket masuknya sekitar Rp 15.000 per orang dan ada biaya parkirnya juga Rp 2000 untuk motor dan mobil kena tarif Rp 5000 saja.

  1. Candi Mendut

Biasanya, pada perayaan nyepi candi ini ramai dipenuhi oleh masyarakat yang turut memeriahkan perayaan hari nyepi. Dekat banget dengan jalan raya dan candi mendut tidak seluas Candi Borobudur. Duduk-duduk disana boleh banget, asal pada tempatnya. Sambil menikmati es degan dan beberapa ada para penjual yang bisa juga dagannya kita beli sebagai buah tangan memorable. Seperti gantungan kunci, kaos dan lainnya.

Bagaimana teman? Lantas, destinasi menarik lain yang bisa dikunjungi saat lebaran apa ?

  1. Taman Kyai Langgeng

Buat anak kecil, orangtua dan siapapun taman ini termasuk murah. Obyek wisata taman bermain ini dalamnya sudah lengkap dengan beberapa wahana menarik yang bisa di coba. Seperti kereta air, bianglala, becak mini, kereta mini, dan mobil keliling. Tamannya luas, bisa di pakai outbond juga. Bisa jadi tempat reunian keluarga besar yang dilengkapi tanaman indah cocok untuk berfoto.

Akses menuju jalan ini juga mudah. Bahkan melewati tempat kuliner Magelang yang cocok untuk dicoba bersama keluarga.

Sebagai masyarakat yang 8 tahun pernah hidup di Magelang. Kota yang mendapat julukan kota sejuta bunga ini berhawa sejuk. Karena di apit beberapa gunung yang mana membuat kota ini berhawa adem (terasa dingin).

Masyarakatnya juga ramah. Bahkan di pusat kota Magelang, mau cari tempat belanja mall besar juga ada. Sekali jalan begitu, banyak tempat menarik yang kita lewati.

Tips Bepergian Ke Destinasi Impian Saat Libur Lebaran

Beberapa tempat wisata di atas, aku rekomendasikan bagi teman-teman yang jauh-jauh mudik ke kota Magelang ingin merasakan hawa sejuk serta mendapatkan pengalaman menarik di Kota Sejuta Bunga ini, wajib coba.

Maka dari itu, penting banget mempersiapkan segalanya agar liburan bareng keluarga saat lebaran menjadi hal memorable dan memberikan kesan positif. Maka, bepergian jauh harus punya perencanaan yang matang agar minim kendala. Nah, aku ada beberapa tips pergi ke wisata lokal agar libur lebaran tidak kena macet dan bisa menikmati perjalanan tanpa lelah banget.

  1. Buat Itinerary

Jangan sampai usai libur lebaran duit terkuras habis dalam sekejap. Membuat itinerary jauh-jauh sebelumnya bisa menjadi alternatif dalam merencanakan kegiatan beserta biaya yang dibutuhkan selama perjalanan

  1. Menyiapkan Perlengkapan Liburan Dengan Maksimal

Sudah menjadi hal wajib, saat sudah mencatat mau pergi ke tempat wisata saat libur lebaran, amunisi perut serta perlengkapan lain yang menjadi pendukung kelancaran aktivitas sudah dipersiapkan sebelumnya. Terlebih bagi teman-teman yang masih mempunyai baby atau anak balita, botol minum, tissue, mainan kesayangan, buku, jajan, persediaan obat, baju ganti dan duit cadangan harus dipersiapkan dengan tepat . Buat jaga-jaga juga bila ada kendala di luar dugaan, perlengkapan yang sudah di list menjadi bekal di tengah perjalanan.

  1. Memantau Kelancaran Arus Perjalanan Melalui Radio

Yang namanya lewat jalur darat saat libur lebaran macet itu ya ada. Tinggal kita menyikapinya bagaimana. Selalu on play radio yang ada di mobil sangat membantu informasi terbaru mengenai jalur mana saja yang ramai pengendara dan lain sebagainya. Alih-alih buat cari jalan kecil yang tidak ramai pengendara lainnya.

  1. Atur Jadwal Agar Tak Kena Macet

Lebih baik berangkat pagi hari ketimbang nanti kena macet. Karena macet di jalan juga bikin bosan, menambah rasa capek di badan, ya nggak ? Memiliki jadwal yang pas buat kelancaran acara bersama juga perlu dipersiapkan dan didiskusikan dengan anggota keluarga yang lain demi kenyamanan bersama.

  1. Memilih Akses Internet Cepat Mendukung Aktivitas Dimanapun Berada

Salah satu support sistem terbaik adalah internet cepat. Yang mana itu sangat berpengaruh terhadap ranah kehidupan semua orang. Saat diskusi untuk keberangkatan besok ketika libur lebaran, nggak lucu kan saat browsing jalur cepat menuju wisata destinasi tiba-tiba lola?. Akibat banyak orang yang mengakses jaringan saat lebaran. Pernah mengalami ?

Itulah mengapa, di rumah mertua juga di pasang WiFi rumah terbaik yang bisa memberikan akses internet cepat dan bisa di manfaatkan anak cucunya saat pulang nanti. IndiHome milik PT Telkom Indonesia selalu mengerti apa yang pelanggannya harapkan. Internet tanpa batas, jangkauan luas memberikan manfaat meluas.

Liburan terbaik bukanlah soal kemewahan, tetapi soal kebersamaan di tengah keluarga tercinta (Anonimous)

Sejatinya, liburan bukan hanya sekedar menanggalkan tugas atau istirahat sejenak dari beberapa deadline. Lebih dari itu, merajut kenangan bersama keluarga tercinta termasuk kunci untuk mempererat tali silaturahim yang mahal harganya. Bukan soal kemana tujuan kita, tapi lebih ke seberapa manfaat kehadiran kita di setiap liburan yang itu bersinggungan dengan keluarga. Mumpung orangtua masih ada, puas-puasin merajut kenangan bersama mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image