Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lasmanawati

Pembiasaan Mencuci Tangan

Edukasi | Wednesday, 24 Aug 2022, 15:53 WIB

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa mencuci tangan harus menggunakan sabun antibakteri. Padahal, kamu bisa menggunakan sabun biasa untuk mencuci tangan. Terkecuali bagi mereka para profesional medis, yang dianjurkan untuk menggunakan sabun antibakteri.

Dengan kata lain, kamu tetap bisa menggunakan sabun biasa. Namun, ketika mencuci tangan, kamu perlu menggosokkan kedua tangan menggunakan sabun. Pastikan juga untuk menyabuni punggung tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku.

Menggosokkan tangan dapat menciptakan gesekan yang membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit. Mikroba terdapat di semua permukaan tangan, dan sering kali dalam konsentrasi tinggi di bawah kuku. Jadi, seluruh tangan memang harus digosok.

Setidaknya, gosok tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun untuk mendapatkan kebersihan yang optimal. Sebenarnya durasi menggosok tangan tergantung dari bagaimana aktivitasmu.

Untuk orang-orang yang kerap terpapar kuman, misalnya profesional medis, justru disarankan untuk menggosok tangan lebih lama. Meskipun begitu, sejauh ini para ahli kesehatan menilai menggosok tangan selama sekitar 15-30 detik dengan sabun mampu menghilangkan lebih banyak kuman dari tangan ketimbang waktu yang lebih singkat

Mencuci tangan seringkali dianggap sebagai kebiasaan yang sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, mencuci tangan adalah benteng utama dalam mencegah berbagai jenis penyakit, mulai dari demam, influenza, diare, meningitis, hingga bronchilitis. Kebiasaan ini khususnya penting untuk diajarkan kepada anak-anak, mengingat daya tahan tubuh mereka yang baru berkembang membuat mereka lebih mudah untuk terserang penyakit akibat infeksi organisme patogen. Anda tidak mau si kecil menangis sepanjang hari karena terserang penyakit .

Teladan dari kita orang tua adalah hal yang terpenting bagi anak

Tunjukkan pada mereka bahwa kita orang tua selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah beraktivitas di luar rumah, setelah menyentuh binatang peliharaan, dan setelah menutup mulut karena batuk atau bersin. Seringkali, anak-anak kita lupa untuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Itu adalah hal yang biasa. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan mereka, karena ketekunan orang tua akan berpengaruh pada kesehatan anak-anak.

Yuk biasakan menjaga kesehatan diri dan mencuci tangan mulai dari sekarang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image