Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutan Pemalang

Cegah Penularan Penyakit pada WBP, Petugas Kesehatan Rutan Pemalang Lakukan Edukasi Cuci Tangan

Edukasi | Monday, 22 Aug 2022, 14:22 WIB
Perawat Rutan Pemalang Melakukan Edukasi Cuci Tangan kepada WBP (sumber: Humas Rutan Pemalang)

Pemalang – Sebagai upaya pencegahan penularan berbagai macam penyakit pada warga binaan pemasyarakatan, petugas Kesehatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang melakukan edukasi cara mencuci tangan yang benar pada Senin (22/08/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Blok Aman Rutan Pemalang usai warga binaan menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera.

Anis Arum Nuraeni, JFT Perawat Terampil Rutan Pemalang mengatakan bahwa salah satu hal sepele namun jarang dilakukan yang dapat mencegah masuknya bebagai penyakit dalam tubuh adalah melalui cuci tangan.

“Pemakaian hand sanitizer memang dapat menghilangkan kuman, namun hanya sebagian. Sedangkan mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dapat membunuh semua kuman secara lebih efektif”, ujar Anis.

Pada kesempatan tersebut, di depan warga binaan, Anis menjelaskan dan mempraktikkan 6 langkah cuci tangan yang benar yaitu pertama, basahi tangan lalu gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Kedua, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Dan keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

“Harapan saya setelah ada sosialisasi ini kedepannya warga binaan dapat membiasakan diri untuk mencuci tangan paling tidak sebelum makan”, pungkasnya. (ni)

Penulis: Nur Inayah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image