Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

Sangat Seru, Ini 9 Tradisi Lomba 17-an Di Berbagai Daerah Di Indonesia

Gaya Hidup | Sunday, 21 Aug 2022, 19:24 WIB
lomba 17an (olahan pribadi dengan canva.com)

Bulan Agustus adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Karena bulan ini adalah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus di setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri terdiri dari beragam suku dan budaya, sehingga untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan biasanya punya tradisi yang berbeda-beda.

Apalagi di tahun 2022 ini di mana pasca pandemi, masyarakat sudah boleh melangsungkan perayaan kemerdekaan seperti biasanya. Lalu apa saja tradisi yang dilakukan masyarakat nusantara untuk pekan kemerdekaan Indonesia?

Tradisi Lomba 17 Agustus Di Berbagai Daerah

Untuk yang penasaran, berikut ini beberapa tradisi pekan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah.

1. Lomba Dayung

Tradisi ini merupakan tradisi di Banjarmasin yang sangat menarik perhatian banyak orang. Kegiatan lomba Dayung Perahu Naga, rutin dilakukan setiap tahun di sungai Martapura sejak tahun 1924. Menariknya lomba ini tidak hanya dijadikan sebagai acara hiburan untuk 17-an saja, tapi juga sebagai sarana untuk mencari para pendayung andal.

Pada awal dibentuk lomba dayung, hanya diperuntukkan untuk warga setempat saja, tapi sekarang semakin terkenal dengan peserta beragam bahkan dari provinsi tetangga juga ikut memeriahkan.

2. Obor Estafet

Kedua, tradisi unik di kemerdekaan yang dilakukan oleh warga Semarang yaitu lari obor estafet. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Gajah Mungkur tepatnya di Kelurahan Papandayan. Perlu diketahui, bahwa tradisi ini sudah ada sejak 30 tahun silam dan peserta lomba bukan orang sembarangan karena dilakukan oleh para atlet terbaik Semarang.

Obor sendiri dianggap sebagai simbol semangat dari pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan RI. Tujuan dari membuat lomba obor, untuk menyadarkan masyarakat tentang semangat para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka salah satunya dalam mengisi kemerdekaan. Untuk yang penasaran, Anda bisa nonton lomba obor estafet ini di YouTube dengan internet cepat dan stabil agar lebih nyaman saat menonton.

3. Telok Abang

Pekan kemerdekaan Indonesia di Palembang berbeda lagi. Di Palembang sendiri, saat hari kemerdekaan tiba terdapat banyak mainan khas bulan Agustus yang ternyata populer di kalangan masyarakat. Mainan ini sendiri dibuat dari gabus yang dibentuk menjadi aneka ragam alat transportasi seperti kapal laut, kereta hingga pesawat terbang.

Bahan yang digunakan tidak hanya dari gabus tapi juga kertas yang dimanfaatkan sebagai penghias dari mainan. Bahkan yang menarik, mainan ini dihiasi dengan telur rebus yang dicat dengan warna merah putih lalu ditancapkan pada bagian tengah kapal.

4. Barikan

Untuk merayakan 17 Agustus di Malang, tentu saja didukung dengan internet cepat dari IndiHome dari Telkom Group yang membuat warga bisa mengakses jaringan internet secara mudah. Barikan adalah sebuah tradisi dari warga Malang, yang merupakan acara syukuran di setiap kampung atau lingkungan keluarga.

Acara ini khusyuk memanjatkan doa bersama dan renungan kemerdekaan serta biasanya, menyanyikan bersama lagu kebangsaan dan juga makan bersama. Acara ini menjadi ajang silaturahmi, untuk mempererat persaudaraan antara warga kampung.

5. Pacu Kude

Berikutnya ada lomba Pacu Kude yang diselenggarakan oleh masyarakat Aceh. Acara ini sendiri adalah permainan rakyat yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda yang biasa dilakukan setelah panen. Namun setelah Indonesia merdeka, permainan diambil oleh alih oleh pemerintah setempat.

Pacu Kude untuk masyarakat Aceh adalah simbol dari perjuangan rakyat untuk memperjuangkan kemerdekaan. Jadi tidak salah jika tradisi ini selalu diadakan setiap tahun di hari kemerdekaan. Kuda yang digunakan untuk berpacu adalah kuda hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo. Kuda yang dipakai adalah kuda dari berbagai daerah yang ada di Aceh.

6. Pawai Jampana

Sementara untuk Bandung sendiri merayakan pekan kemerdekaan Indonesia, dengan melakukan tradisi Pawai Jampana. Pawai ini dilakukan untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Saat pawai, masyarakat membawa tandu besar yang isinya adalah aneka hasil bumi dan juga hasil kerajinan dari masyarakat setempat.

Tandu besar tersebut akan dibawa oleh empat orang dan tandu bukan hanya satu melainkan puluhan. Hasil bumi yang ada di tanduk ini, akan diperebutkan oleh peserta pawai dan juga warga yang ikut menyaksikan acara. Masyarakat juga akan melakukan makan bersama dari apa yang ada di tandu.

7. Peresean

Saat ini Lombok juga sudah memiliki jaringan internet cepat yang dapat membuat Anda bisa mengakses informasi dengan mudah. Di Lombok juga ada tradisi untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang dinamai lomba Peresean. Dalam tradisi ini, akan hadir para jagoan yang disebut pepadu untuk adu ketangkasan.

Peresean adalah sebuah kesenian tradisional masyarakat asli Suku Sasak Lombok, NTB. Pada tradisi ini, para pepadu akan bertemu dari berbagai pelosok Lombok untuk beradu ketangkasan dan saling serang dengan senjata rotan dan juga perisai. Perisai ini terbuat dari kulit sapi ataupun kerbau.

Kesenian ini termasuk kategori yang cukup ekstrem namun memberikan pesan moral bahwa kegiatan lomba bukan hanya sekedar adu ketangkasan tapi bermakna persaudaraan dan sikap ksatria dari seorang laki-laki. Bahkan lomba Peresean sendiri, menjadi daya tarik bagi wisatawan.

8. Sepakbola Durian

Yang tidak kalah unik adalah tradisi 17-an di Kebumen. Warga Kebumen biasanya menyelenggarakan banyak lomba 17-an, salah satunya yang sangat menarik adalah sepak bola durian. Lomba ini tentu saja menjadi salah satu jenis lomba yang ekstrem makanya tidak sembarangan pesertanya.

Umumnya para peserta terdiri dari anggota laskar Densus 99 ataupun anggota forum spiritual. Bahkan sebelum perlombaan, dilakukan ada doa bersama untuk keselamatan para peserta.

9. Lomba Sampan Layar

Terakhir ada lomba sampan layar, merupakan tradisi 17-an dari warga Batam. Lomba ini sendiri merupakan tradisi yang sudah ada sejak tahun 1965 dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahunnya.

Pada saat lomba ada banyak perahu kayu warna-warni yang akan berlayar sehingga membuat suasana akan semakin menarik perhatian penonton. Yang lebih mengagumkan lagi, lomba ini tidak hanya diikuti oleh warga Batam dan sekitarnya tapi juga para wisatawan lokal dan mancanegara.

Itu tadi berbagai perayaan pekan kemerdekaan Indonesia di berbagai wilayah di seluruh Nusantara. Sebagai warga negara Indonesia tentu saja Anda harus bangga karena negara tercinta ini memiliki banyak sekali keunikan bahkan dalam merayakan kemerdekaan saja terdapat banyak tradisi yang dilakukan. Dan menariknya, tradisi tersebut berbeda-beda di setiap daerah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image