Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemenkumham Sumsel

Peringati HUT RI dan HDKD ke 77 Kemenkumham Gelar Berbagai Lomba

Info Terkini | Saturday, 20 Aug 2022, 17:17 WIB

Dalam Rangka memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI , 17 Agustus 2022 dan HUT ke 77 Kemenkumham (Hari Dharma Karya Dhika), 19 Agustus tahun 2022, jajaran Kemenkumham seluruh Indonesia semarakkan dengan berbagai perlombaan tradisi, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, balap bakiak dan fun game lainnya.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan dibalik, berbagai perlombaan tersebut, mengajarkan kita kembali akan nilai-nilai yang sangat bermakna dan berharga.

seperti lomba panjat pinang, mengajarkan mengenai gotong royong dan kerja keras sesama anggota tim.

“Juga mengajarkan pantang menyerah, rela berkorban dan bersemangat tinggi untuk mencapai puncak pinang", ungkap Mantan Kapolda Kepri tersebut.

Kemudian tarik tambang, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan permainan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat soliditas dan mempererat hubungan, sekaligus mengajarkan sifat suportif, kerjasama dan kepemimpinan dalam mengatur strategi, serta mendengarkan pimpinan untuk menjalankan strategi yang telah dirembukkan.

Ketika balap karung, ada kalanya seorang peserta terjatuh saat berlari, kemudian harus bangkit lagi hingga akhirnya berhasil dan sukses mencapai garis finish.

"Ini merupakan sebuah gambaran bagi kita dan dapat dimaknai bahwa kita harus memiliki semangat yang menggelora dan pantang menyerah untuk mencapai titik akhir/garis finish", ungkapnya.

Lomba berikutnya, balap bakiak. Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menjelaskan Olahraga tradisional ini dapat dimaknai sebagai pengasah kerja sama tim yang dipadukan dengan ketangkasan. Kerja sama anggota tim dan ketangkasan sangatlah diperlukan agar sebuah kelompok dapat berjalan dengan harmonis dan seirama, dapat berjalan dengan cepat tetapi kita tidak terjerembab jatuh.

"Pada akhirnya berbagai lomba ini tidak hanya sekadar kita bereuforia, tapi kita juga harus dapat menghayati maknanya, Momen ini juga sebagai wadah untuk bersilaturahmi setelah sekian lama kita tersandera Covid-19", katanya.

Yang terpenting kata Sekjen Kemenkumham tersebut, semua hal itu sebagai pembelajaran yang menuntut kebersamaan untuk mewujudkan Kemenkumham yang semakin baik dari waktu kewaktu sebagai mana tema peringatan Hari Kemenkumhan ke 77 tahun ini, "Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK."

Di Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel juga turut menggelar perlombaan tradisional, di halaman komplek Rutan Kelas I Palembang. tiga perlombaan dilaksanakan yakni lomba lari karung, balap bakiak, dan panjat pinang, Kamis (18/8) kemarin.

Ketika Lari Karung Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto unggul dari Kadiv Pemasyarakatan Bambang Haryanto, Kadiv admin Idris, Kalapas kelas 1 Palembang Yulius Syahruza dan Ka Rutan Palembang Bistok O Situngkir.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image