Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizky Fauzi

7 Tips Melamar Kerja Jika Belum Punya Pengalaman

Edukasi | Saturday, 20 Aug 2022, 06:19 WIB
Sumber gambar : Unsplash

Jika Anda adalah lulusan baru tanpa pengalaman kerja, apa yang akan Anda masukkan ke resume Anda? Pertanyaan ini sangat sering membuat khawatir calon pekerja yang baru saja lulus dan belum pernah bekerja sebelumnya.

Di sini kami memberi Anda tips atau saran tentang cara melamar pekerjaan yang baik dan diterima di perusahaan pilihan Anda tanpa punya pengalaman kerja sebelumnya. Simak penjelasan berikut:

1. Gunakan pengalaman organisasi

Mungkin Anda tidak memiliki pengalaman kerja saat ini. Namun, Anda masih dapat mengisi resume Anda dengan pengalaman atau hobi di kampus yang dapat menunjukkan pencapaian Anda di masa lalu.

Setidaknya akan mendapat perhatian HRD karena walaupun tidak memiliki pengalaman kerja, namun aktif di organisasi kampus.

Perekrut juga mengevaluasi layanan Anda berdasarkan hasil pekerjaan sebelumnya, misal seperti: Kapan dan bagaimana Anda dapat mengirimkan tenggat waktu untuk acara organisasi secara tepat waktu?

Bagikan hasil pengalaman kerja atau kerja tim Anda yang dibuat pada acara atau aktivitas tertentu. Pengalaman yang sesuai untuk posisi yang Anda lamar dapat menjadi acuan bagi perekrut untuk memilih Anda.

2. Pamerkan keahlian khusus Anda

Keterampilan atau kemampuan khusus yang Anda miliki akan menambah nilai bagi perekrut selama proses perekrutan.

Anda dapat menampilkan diri melalui keterampilan khusus seperti kemampuan menggunakan media sosial dan lain-lain.

Pada umumnya perusahaan akan menyukai kandidat yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan perusahaan. Nyatakan di resume Anda bahwa Anda telah menguasai keterampilan ini.

3. Melamar tanpa perantara

Tidak perlu menggunakan jasa perantara jika bisa langsung menghubungi perusahaan yang bersangkutan. Menggunakan perantara berarti Anda tidak yakin dan membutuhkan seseorang untuk meyakinkan Anda dan perusahaan untuk mempekerjakan Anda.

4. Gunakan jaringan kampus

Tidak ada salahnya menggunakan jaringan kampus untuk mencari pekerjaan. Misalnya melalui pusat karir universitas, mantan teman atau organisasi tertentu. Mereka dapat mengenal Anda dan kekuatan Anda lebih baik daripada merekrut karyawan potensial di tempat lain.

5. Isi resume Anda dengan pengalaman yang relevan

Saat mengisi CV Anda, harap berikan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar desain grafis, sertakan pengalaman magang Anda dan berbagai pencapaian yang Anda miliki di bidang itu.

6. Filter perusahaan yang ada

Banyak kandidat gagal hanya karena mereka melamar posisi atau perusahaan yang tidak sesuai dengan spesialisasi, keahlian, atau pengalaman organisasi mereka.

Jika Anda sering melamar secara online, gunakan fitur "Filter" di halaman pencari kerja. Jika ada tab Tidak Ada Pengalaman Kerja di situs, pilih atau aktifkan. Nantinya, sistem akan menampilkan pekerjaan apa saja yang tidak memerlukan pengalaman kerja.

7. Lakukan sedikit riset tentang perusahaan tempat Anda bekerja

Anda bisa melakukan sedikit riset tentang perusahaan yang Anda lamar. Dalam tip ini, perlu memiliki sifat-sifat yang harus digali sebelum melakukan wawancara.

Ini akan membantu Anda memahami perusahaan yang Anda lamar. Jadi ketika HRD bertanya tentang perusahaan Anda, Anda bisa menjelaskannya secara menyeluruh dan benar.

Itulah cara melamar kerja bagi anda yang belum memiliki pengalaman kerja. Semoga bermanfaat. Jangan menyerah dan terus maju!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image