Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Geominerba Geominerba

PPSDM Geominerba Bekali Bimbingan Teknis Geoteknik Pertambangan bagi PT Antareja Mahada Makmur

Info Terkini | Friday, 19 Aug 2022, 16:08 WIB

Adanya rantai kegiatan pertambangan yang panjang mulai dari kegiatan eksplorasi, eksploitasi sampai pascatambang mempunyai potensi bahaya dan resiko kecelakaan yang tinggi seperti adanya longsoran, pergerakan material timbunan pada kegiatan tambang terbuka maupun runtuhnya terowongan pada tambang bawah tanah yang bisa mengakibatkan cidera ringan/cidera berat bahkan kematian manusia, kerusakan sarana dan prasarana pertambangan, terhentinya produksi, cadangan hilang dan tidak bisa diambil dan/atau kerusakan lingkungan yang berdampak sampai ke luar wilayah IUP termasuk pemukiman penduduk.

Menjawab permasalahan tersebut, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan PT Antareja Mahada Makmur menyelenggarakan Bimbingan Teknis Geoteknik pada Pertambangan (Tambang Terbuka) dalam pengelolaan teknis pertambangan yang meliputi penyelidikan, pengujian conto, pengolahan data geoteknik, penerapan rekomendasi geometri dan dimensi bukaan tambang serta pemantauan kestabilan bukaan tambang.

Margono selaku PJO Site Manager PT Antareja Mahada Makmur yang beroperasi di site PT MHU membuka secara resmi Bimbingan Teknis Geoteknik Pertambangan (tambang terbuka), didampingi perwakilan dari PPSDM Geominerba Mas Agung Wiweko, Senin (15/8/2022), di Ruang Cendana Office Beruaq, PT AMM site MHU Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bimtek yang dilaksanakan secara blended learning ini, diikuti oleh sebanyak 12 orang peserta yang merupakan pegawai PT AMM site MHU dan mitra kerja nya mengikuti kegiatan Bimtek ini selama dua hari (15-16 Agustus 2022).

Selama Bimtek para peserta akan dibekali materi seperti: Mining Regulations, Introductory of Geotechnics, Site investigation, Laboratory Activity, Acquisition Data Geotechnics, Slope Stability Methods, Slope Movement & Monitoring, Case Study in Mineral and Coal Mining. Dengan narasumber dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Horas Pasaribu, dan Novandri Kusuma Wardana dari PT Geomine Bara Studio.

Dengan adanya Bimtek ini diharapkan para peserta dapat memahami dasar hukum, analisis kestabilan lereng, proses perencanaan, pengelolaan dan pemantauan geoteknik pertambangan serta studi kasus yang pernah terjadi di lapangan. Sehingga kegiatan penambangan bisa berjalan dengan aman bagi manusia dan peralatan, ramah lingkungan, target produksi tercapai serta mengurangi kehilangan biaya yang tidak perlu dikeluarkan oleh pihak perusahaan dan pada akhirnya pihak perusahaan dari hasil kegiatan tambangnya akan berkontribusi terhadap devisa bagi negara berupa PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image